Kulwap "KB aman untuk busui"

PENGANTAR KULIAH WHATAPP
dr. FERRY ISKANDAR KHARISMA SINAGA,SpOG

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Lebih dari sepertiga kehamilan diseluruh dunia merupakan kehamilan yang tidak direncanakan, dimana paling banyak kehamilan ini terjadi di negara berkembang dengan perkiraan 30% dari 182 juta kehamilan di negara berkembang tersebut (Guttmacher, 2008). Dua per tiga dari kehamilan ini terjadi pada ibu yang tidak melakukan keluarga berencana. Keluarga berencana yang dilakukan pada tahun pertama setelah kehamilan mempunyai potensi untuk menurunkan angka kehamilan yang tidak direncanakan (Ross, 2001). Keluarga berencana ini sangat penting untuk menjaga interval antar kehamilan, sehingga membawa hasil positif terhadap kesehatan ibu dan anak, sehingga dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak. Pelaksanaan keluarga berencana dengan memberikan jarak antar kehamilan lebih dari 24 bulan dapat menurunkan lebih dari 30% kematian ibu dan 10% kematian anak (Cleland, 2006).
Angka kelahiran di Indonesia diperkirakan sekitar 4.2-4.5 juta ( BPS 2009) dan 19.7 % merupakan kehamilan yang tidak disengaja dari jumlah kelahiran. Mengingat tingginya jumlah kelahiran dan keguguran maka diperlukan suatu perencanaan kehamilan sehingga kehamilan yang terjadi merupakan kehamilan yang diinginkan.
Salah satu program strategis untuk menurunkan kehamilan yang tidak direncanakan menjadi 15% pada tahun 2014 adalah melalui KB pasca persalinan (KB pasca salin) (DEPKES, 2010). Perhatian pemerintah Indonesia mengenai penggunaan KB pasca salin meningkat seiring dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan tingkat kesehatan ibu dan anak. Berdasarkan rekomendasi dari the National Meeting on Family Planning Programs pada tahun 2008, KB pasca salin merupakan salah satu program utama yang harus tersedia di seluruh propinsi.
Pelaksanaan KB pasca salin mempunyai peran penting untuk menurunkan tingginya unmet need dari keluarga berencana. Para unmet need ini sering tidak mendapatkan intervensi untuk memperpanjang interval antar kehamilan atau menurunkan kehamilan yang tidak disengaja serta seluruh konsekuensinya (USAID, Programming strategies for postpartum family planning., 2013). Berdasarkan analisis dari Demographic and Health Surveys data dari 27 negara, 95% dari ibu yang baru melahirkan 0-12 bulan ingin menghindari kehamilan dalam waktu hingga 24 bulan kedepannya, tetapi 70% dari mereka tidak menggunakan kontrasepsi (Ross, 2001).

PEMBAHASAN

Kontrasepsi Pasca Persalinan
Definisi
Kontrasepsi adalah cara untuk menghindari/mencegah terjadinya kehamilan akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan. Kontrasepsi pasca persalinan (KB pasca salin) merupakan inisiasi dan penggunaan metode kontrasepsi pada 6 minggu pertama setelah persalinan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan terutama pada satu hingga dua tahun setelah kelahiran anak. (BKKBN, 2009)
Arti penting KB pasca persalinan
Alasan pelaksanaan KB pasca persalinan antara lain termasuk kembalinya fertilitas dan resiko terjadinya kehamilan, jarak kehamilan yang dekat, resiko terhadap bayi dan ibu serta ketidaktersediaan kontrasepsi. (Widyastuti, 2011)
Ovulasi pertama pasca persalinan terjadi <6 45="" berlangsung="" bisa="" dan="" hari="" lama="" lebih="" menyusui.="" menyusui="" minggu="" nbsp="" p="" pada="" rata-rata="" tidak="" wanita="" yang=""> Masa anovulasi pasca persalinan mempunyai hubungan yang erat dengan lama menyusui. Kajian yang dilakukan pada 29 wanita menyusui dan 10 wanita yang tidak menyusui menunjukkan semua wanita yang menyusui tetap menjadi anovulasi sampai 3 bulan pasca persalinan dan 96 % diantaranya berlanjut sampai 6 bulan pasca persalinan. Pada penelitian yang dilakukan di Skotlandia, tidak menemukan adanya ovulasi pada wanita yang menyusui secara ekslusif.
Pelaksanaan kontrasepsi pasca persalinan mempunyai pengaruh besar dalam mengatur waktu kehamilan dan memberikan jarak yang optimal untuk persalinan selanjutnya. Dalam rangka menurunkan resiko terhadap ibu dan luaran bayi, WHO pada tahun 2006 merekomendasikan jarak kehamilan yang optimal untuk kehamilan selanjutnya adalah 24 bulan. Beberapa penelitian menunjukkan pendeknya interval antara persalinan dan kehamilan selanjutnya memberikan sumbangan terhadap angka kematian janin dan anak. Analisa dari survey demografi dan kesehatan pada 17 negara berkembang menunjukkan angka kematian anak dan janin menurun pada jarak interval kehamilan > 36 bulan (Rutstein, 2005). Sebagai tambahan jarak kehamilan yang < 24 bulan juga meningkatkan angka kematian ibu dan kejadian komplikasi pada kehamilan (Conde Agudelo & Belizan, 2000)
Penelitian yang dilakukan oleh Ross dan Frankenberg (1993) mendapatkan wanita pada periode pasca persalinan memiliki kebutuhan yang tidak terpenuhi untuk kontrasepsi. Penelitian ini juga memperlihatkan sebagian besar wanita pasca persalinan menyatakan keinginan untuk mencegah kehamilan selama 2 tahun pertama setelah melahirkan tetapi tidak mendapat pelayanan kontrasepsi. Selain itu menurut survey yang dilakukan DHS di 27 negara menunjukkan hanya 3-8 % wanita di sub-Sahara Afrika, Asia dan Amerika latin menginginkan kehamilan lagi dalam 2 tahun setelah melahirkan. Sisanya 92-97 % dari wanita tersebut , tidak menginginkan anak lagi dalam waktu 2 tahun setelah melahirkan. (Ross, 2001)
Metode kontrasepi pasca persalinan
Semua metoda kontrasepsi bisa diberikan pada ibu pada masa pascapersalinan. Waktu untuk memulai suatu kontrasepsi tergantung dari status menyusui ibu. (Sumadikarya, 2009) (LINKAGES, 2004) Metoda yang bisa digunakan adalah :

Metode Non-Hormonal (BKKBN, 2009)
1). Metode Amenore Laktasi (MAL)
MAL yaitu kontrasepsi yang mengandalkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif, artinya hanya diberikan ASI tanpa tambahan makanan ataupun minuman apa pun lainnya.
Keuntungan yang didapat pada penggunaan MAL adalah efektivitas yang tinggi (keberhasilan 98% pada enam bulan pascapersalinan), dapat dilakukan segera, tidak mengganggu senggama. tidak ada efek samping secara sistemik, tidak perlu pengawasan medis, tidak perlu obat atau alat serta tidak memerlukan biaya yang berlebihan.
Sedangkan keterbatasan metode ini adalah perlunya persiapan sejak perawatan kehamilan agar segera menyusui dalam 30 menit pasca persalinan, efektifitas tinggi hanya sampai kembalinya haid atau sampai dengan 6 bulan, serta tidak melindungi terhadap IMS termasuk virus hepatitis B/HBV dan HIV/AIDS
2). Kondom
Kondom merupakan selubung/sarung karet sebagai salah satu metode kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan dan atau penularan penyakit kelamin pada saat bersenggama.
Cara kerjanya dengan menghalangi terjadinya pertemuan sperma dan sel telur dengan cara mengemas sperma di ujung selubung karet yang dipasang pada penis sehingga sperma tersebut tidak tercurah ke dalam saluran reproduksi perempuan dan mencegah penularan mikroorganisme (IMS termasuk HBV dan HIV/AIDS) dari satu pasangan kepada pasangan yang lain (khusus kondom yang terbuat dari lateks dan vinil).
3). Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
Alat kontrasepsi yang dipasang dalam rahim dengan menyumbat kedua saluran yang menghasilkan indung telur sehingga tidak terjadi pembuahan, terdiri dari bahan plastik polietilena, ada yang dililit oleh tembaga dan ada yang tidak dan lazim disebut dengan spiral.
Cara kerjanya dengan mencegah terjadinya fertilisasi, tembaga pada AKDR menyebabkan reaksi inflamasi steril, toksik buat sperma sehingga tidak mampu untuk terjadinya fertilisasi.
Keuntungan dari metode ini adalah efektivitasnya yang tinggi, 99,2-99,4% ( 0,6 – 0,8 kehamilan/100 perempuan dalam 1 tahun pertama), dapat digunakan dalam jangka panjang, tidak mempengaruhi  hubungan  sosial, tidak ada efek samping hormonal, tidak mempengaruhi kualitas dan volume ASI serta apat dipasang segera setelah melahirkan atau sesudah abortus (apabila tidak terjadi infeksi)
Keterbatasan metode ini yaitu tidak mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS), tidak baik digunakan pada perempuan dengan IMS atau perempuan yang sering berganti pasangan, diperlukan prosedur medis termasuk pemeriksaan pelvis dan pasien tidak dapat melepas AKDR sendiri serta harus memeriksa posisi benang AKDR dari waktu ke waktu.



4). Kontrasepsi Mantap (Tubektomi)
Tubektomi (Metode Operasi Wanita/ MOW) adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falopii (mengikat dan memotong atau memasang cincin), sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur.
Idealnya, tubektomi dapat dilakukan dalam 48 jam pasca persalinan, segera setelah persalinan atau setelah operasi sesar. Jika tidak dapat dikerjakan dalam 1 minggu setelah persalinan, ditunda 4-6 minggu.
Keuntungan dalam metode ini adalah efektivitasnya tinggi 99,5% (0,5 kehamilan per 100 perempuan selama tahun pertama penggunaan), tidak mempengaruhi proses menyusui, tidak bergantung pada faktor sanggama, tidak ada efek samping dalam jangka panjang serta tidak ada perubahan dalam fungsi seksual.
Sedangkan kekurangan dari metode ini adalah harus dipertimbangkan sifat permanen kontrasepsi ini (tidak dapat dipulihkan kembali, kecuali dengan operasi rekanalisasi) serta harus dilakukan oleh dokter yang terlatih.

Metode Hormonal (BKKBN, 2009)
1). Progestin: pil, injeksi dan implant
Hormon Progestin adalah metode kontrasepsi dengan menggunakan progestin, yaitu bahan tiruan dari progesterone, dapat berupa pil, injeksi, ataupun implant.
Keuntungan dari pil yaitu efektif jika diminum setiap hari di waktu yang sama (0,05-5 kehamilan / 100 perempuan dalam 1 tahun pertama), tidak diperlukan pemeriksaan panggul, tidak mempengaruhi  ASI, tidak mengganggu hubungan seksual kembalinya fertilitas segera jika pemakaian dihentikan, mudah digunakan dan nyaman, serta efek samping yang kecil.
Keuntungan injeksi adalah sangat efektif pada penggunaannya (0,3 kehamilan per 100 perempuan dalam 1 tahun pertama, dapat mencegah kehamilan jangka panjang, tidak berpengaruh pada hubungan suami isteri, tidak mengandung estrogen sehingga tidak berdampak serius terhadap penyakit jantung dan gangguan pembekuan darah, tidak mempengaruhi ASI, serta dapat digunakan oleh perempuan usia > 35 tahun sampai perimenopause.
Keuntungan metode implant adalah penggunaannya yang sangat efektif (kegagalan 0,2 -1,0 kehamilan per 100 perempuan), memberikan perlindungan jangka panjang (sampai 5 tahun), pengembalian tingkat kesuburan yang cepat setelah pencabutan, bebas dari pengaruh estrogen, tidak mengganggu kegiatan sanggama, serta tidak mengganggu ASI.
2). Kombinasi: pil dan injeksi
Hormon Kombinasi adalah metode kontrasepsi dengan menggunakan kombinasi hormon mengandung hormon esterogen dan progesterone, baik berupa pil ataupun injeksi, kontrasepsi ini tidak dianjurkan pada ibu pasca persalinan dikarenakan akan mengurangi dan atau menghentikan produksi ASI karena mengandung hormon estrogen.
Keuntungan pil kombinasi adalah efektivitas yang tinggi (1 kehamilan per 100 perempuan dalam tahun pertama penggunaan), risiko terhadap kesehatan sangat kecil, tidak mengganggu hubungan seksual, mudah dihentikan setiap saat, kesuburan segera kembali setelah penggunaan pil dihentikan, dapat digunakan sebagai kontrasepsi darurat, serta dapat digunakan sejak usia remaja hingga menopause
Keuntungan cara injeksi adalah penggunaan yang sangat efektif (0,1 -0,4 kehamilan per 100 perempuan selama tahun pertama penggunaan), risiko terhadap kesehatan kecil, tidak berpengaruh pada hubungan suami istri, tidak diperlukan pemeriksaan dalam serta efek samping yang sangat kecil.

<6 45="" berlangsung="" bisa="" dan="" hari="" lama="" lebih="" menyusui.="" menyusui="" minggu="" nbsp="" p="" pada="" rata-rata="" tidak="" wanita="" yang="">
Sesi tanya jawab:
1. Vitria
Domisili : Sijunjung

1.Samakah hormon progesteron dg medroxyprogesteron,
2.apakah kombinasi esterogen dan progesteron sama dengan medroxyprogestron dan estradiol cypionate?

JAWABAN
1.Molekulny berbeda tapi mekanisme kerjanya ke target organ dan reseptor selulernya sama.
2. Sama

2. Assalamualikum ibu sya mau tnya
Nama : dayah
Domisili : ponorogo
Pertanyaan : saya bingung bu mau kb apa setelah hamil anak kedua. Sebelumnya sya pernah kb suntik 3 bulan stlh melahirkan anak pertama selama 6bulan stlh itu sya pakai iud dr puskesmas. Tp stlh sya pakai iud sya haid selama 3 bulan tidak ada berhentinya dan hny d kasih obat sma pihak puskesmas,sya mau lepas iud tp dr pihak puskesmas tdk mau melepas akhirnya sya lepas iud di bidan praktek trnyata benangnya lepas. Stlh itu sya kb pil selama 2bulan dan kembali suntik 3 bulan lgi selama kurang lebih 2,5th krn selama kb suntik sya tidak pernah haid badan sya terasa pegal2 akhirnya sya tidak kb lg smp sya hamil lg. Yang mau sya tnyakan kb apa yg cocok utk sya agar tetap bsa haid? Apakah perbedaan kb iud dr yg murah smp yg mahal? Apa sya tidak cocok memakai iud krn slma sy pakai dlu haid tnp henti?
Terima kasih atas kesempatan yg diberikan.
🙏🙏

JAWABAN
KB terbaik buat ibu adalah IUD, disarankan masangnya langsung saat plasenta lahir.
IUD merk apapun sama saja ibu, fungsinya sama. Terkadang memang ada ketidakcocokan dengan bahan IUD tp ketidakcocokan bukan krn harga bahannya.

Tanggapan:
Terimakasih bu..
Kl anak sya skrg sudah umur 6,5bln lalu kpn sya bsa kb iud dok?
Sya bingung ketidakcocokan bahan iud yg dimaksud sprti apa sdgkan di jelaskan bukan krn harga bahan?
Jawaban: Ditunggu sampai datang menstruasi, sebelum datang menstruasi ibu pakai kondom dulu.
Terimakasih bu..
Kl blh tau yg utk bahan iud itu gmn bu? Krn dijelaskan bukan krn harga bahan
Jawaban dr feri

Masalah ketidakcocokan saya juga kurang ngerti, terkadang ada pasien yg cocok dengan yang gratis dari bkkbn dan malah tidak cocok dengan spiral merk paten, demikian sebaliknya. Artinya ibu pasang saja dulu sesuai keinginan, nanti baru di lihat apakah cocok atau tidak, sebagian besar cocok kok ibu, hanya sedikit sekali yg tidak cocok.

3. Nama antin
Domisili semarang
Pertanyaan
Anak sy umur 2 bulan. Sy kena infeksi saluran indung telur. Sy lihat kb jenis lain (suntik, susuk, pil) ada efek ke berat badan dan jerawat. Sedangkan utk kb iud. Sy ada kondisi sakit spt itu. Takutnya menimbulkan efek. Skrg sejak selesai nifas saya belum menstruasi. Dan belum hubungan badan. Terus terang sy takut punya anak lagi. Dan takut pake kb juga. Anak sy asi eksklusif. Mohon pencerahannya.

JAWABAN
Jika infeksinya sudah sembuh, boleh pakai IUD lagi, karena IUD paling efektif

Tanggapan‬: Yg paling bagus IUD ? Tapi kenapa banyak kasus tentang IUD misalnya, tetap ada yg hamil, IUD  pindah tempat, benangnya lepas,  dll. Mungkin bisa di jelaskan lebih spesifik pak Dokter kenapa hal di atas bisa terjadi?
Jawaban: Yang cocok dengan IUD banyak banget ibu, tp jarang sharing, yang tidak cocok malah sedikit tp langsung viral.

Tanggapan lain:
Assalamualaikum bu2 dan dokter, saya baru punya anak 1 usia 2 bln semenjak masa nifas sudah pake KB iud saya terus haid 3 bulan BLN berhenti, itu karena faktor apa y dokter?
Jawaban: Biasa karena bentuk rahim yang tidak seperti biasa ada yang bentuknya seperti kerucut (unicornu). Atau memang kesalahan pemasangan

4. Pipit, pekanbaru.
Dok, apakah bnar KB bs mmbuat bb kita bertambah? KB yg bagaimna itu dok?

JAWABAN :
Tidak benar ibu, yang buat BB naik karena diet yang berlebihan. Jika diet seimbang dan olahraga teratur walau pakai kb tidak akan gemuk ibu. Sebaliknya walau tidak pakai KB tp diet berlebih maka akan gemuk juga.

5. Nama HERLINA
Domisili SAMARINDA
Pertanyaan. Sy ibu ASI FULL
anak ke2 umur 4bln...
Anak 1 umur 3thn7bulan
Bagus pakai KB apa yah? Kalo secara ALAMI saja gmn? artinya jaga sama suami buang diluar. Sy ga ada dapat haid sejak masa nifas brakhir...
JAWABAN
Sekarang kemungkinan tidak haid akibat menyusui (amenore laktasi), kb terbaik ibu dengan pemasangan IUD saat ibu menstruasi nanti.

Tanggapan‬: Trims jawabannya....  Jadi sebaiknya sy KB alami saja sementara blm Datang Haid...  Pengalaman anak 1 kmrn sy haid 1tahun 2bulan stelah masa nifas
Karena full asi tdk menjamin gak hamil yaa? Bisa hamil skrg juga gitu ya kalau gak jaga?
Bayi sy baru usia 4bln
Jawaban: Boleh kb alami, tp sebaiknya agar aman menggunakan kondom saja ibu.

6. Azifah,  Lembang
Pertanyaan:
Saya ibu memyusui tandem nursing (2 anak ), sedang ber kb IUD tapi trnyata dalam sebulan posisi iud berubah jadi melintang. Kira2 itu faktor apa ya? Trus kalau saya asang iud lagi apa ada kemungkinan sperti itu lagi? Kalau pake kb yang berdasarkan pas masa tidak subur, ke valid an nya berapa persen dok? Terima kasih.

JAWABAN
IUD melintang tidak apa2, tp peluang hamilnya semakin besar. Kb subur/tidak subur itu kb sistem kalender, sangat rendah efektifitasnya sekitar 60%

Tanggapan:
Saya dok. Maaf.. saya baru priksa tadi trnyata di usg iud translokasi. Sudah nembus rahim. Terlihat di usg transvaginal trnyata ada di dinding rahim terluar. Itu harus di laparskopi ya? Bner2 gabisa diambil dr bawah dok?
Terimakasih dok sudah menanggapi pertanyaan saya 😁

7. Navisa, Pekanbaru
Assalamualaikum kak ingin tanya apakah benar rumor yg beredar di masyarakat bhw pil kb menyebabkan kanker dan penyakit serius lainnya? Dan baiknya penggunaan pil kb apakah ada batasan maksimal berapa tahun lama pemakaian?

JAWABAN :
Penyebab kanker multifaktor bukan hanya satu faktor, jadi jangan takut untuk ber KB. Batasannya sampai ibu mau hamil lagi atau sampai menopause nanti.

8. Nama : Tyas
Asal : Bekasi

Pertanyaan:
-Apakah KB dgn menggunakan kondom bisa untuk jangka waktu lama? Apa alat kontrasepsi ini bisa dibilang aman untuk mencegah kehamilan? Dan apa efek samping pada kedua belah pihak(suami&istri)?
-Tentang KB hormonal pil &injeksi. Sering terjadi wanita yg menggunakan KB pil atau injeksi mengalami siklus haid yg tidak beraturan dan bahkan tidak mengalami haid dlm jangka yg cukup lama,apakah ini tidak menyebabkan timbulnya suatu penyakit tertentu?

JAWABAN :
1. Kondom aman, asal taat dalam memakainya
2. Terkadang memang ada yang mensnya tidak teratur akibat kb pil atau suntik, tp tidak apa2, hanya gangguan keseimbangan hormon saja.

Tanggapan: Steril (kontrasepsi mantab ) ama tubektomi itu sama kah dok?
Ada efeknya kah? Misal gx bs menstruasi jika saya ambil itu.
Jawaban: Tanggapannya ada d jawaban pertanyaan berikutnya bu

9.  Nama : Lidya Elfiranti
Domisili : pekanbaru
Pertanyaan :
Kontrasepsi mantap (tubektomi) ini yg sering d sebut dgn kb steril kan dok? Jadi, jika melakukan kb steril dgn cara mengikat tuba falopi, kmudian jika ingin hamil lagi, apakah ikatan tersebut bisa di buka kembali? Jika bisa, berapa persen kemungkinan untuk bisa hamil lagi dok?
Terimakasih sblumnya dok..

JAWABAN :
Hampir tidak mungkin untuk hamil lagi ibu, apalagi strilnya sekalian sewaktu sc. Memang ada upaya operasi penyambungan saluran tuba, tp sangat mahal sekali, imbang2 bayi tabung.

10. Assalamu alaikum
Nama  iin
Domisili  aceh Langsa
Pertanyaan
Apakah kb bisa dengan hanya menyusu sering?
Karna uda hampir 8 bulan ini saya belum mens
Banyak yg bilang karna sering menyusu, itu kb alami
JAWABAN :
Benar ibu, jika frekuensi menyusuinya tinggi terutama pada asi tandem bisa menyebabkan haid tidak datang sampai menyusuinya berkurang.

11. Nama.           : Zulfatul Hanna
Domisili.       : Pasuruan-Jawa Timur
Pertanyaan. :
• Anak saya berumur 6 bulan 2 minggu. Selama 6 bulan kmrn saya memberikan ASI eksklusif utk anak saya dan saat ini sudah mulai MPASI. Apakah KB MAL bisa terjadi lebih dari 6 bulan krn sejak melahirkan hingga skrg saya belum menstruasi
•Dg kondisi tersebut, jika saya ingin KB, KB apakah yg cocok agar tidak mempengaruhi produksi ASI serta kesuburan saya, mengingat anak saya masih 1.

Terima kasih sebelumnya, dokter

Jawaban
KB MAL secara teori efektif sampai 6 bulan pasca persalinan dgn syarat intensitas menyusui yang tinggi. Akan tetapi ada sebagian yang wanita sampai 1thn atau lebih. Yang menjadi kendala dengan KB MAL ini adalah tidak taunya kapan kesuburan itu kembali, sehingga setelah 6 bulan dianjurkan pakai kondom menjelang haid datang, dan ketika haid dipasang IUD sebagai kontrasepsi yang baik, terutama jika menyusui.

Tanggapan: Terima kasih atas penjelasannya dok. Nah, apakah kesuburan ini ditandai dg menstruasi? Dalam arti adakah kemungkinan sebelum menstruasi kembali saya bisa hamil?
Jawaban: Benar ibu, mentruasi yg teratur pertanda seorang wanita itu subur, masalahnya pada masa selepas nifas, sehingga jika ingin kb hormonal bisa langsung dimulai setelah nifas atau setelah amenore laktasi. Atau menggunakan kondom sampai haid, pas sedang haid langsung pasang IUD.
Hati2 penggunaan kb hormonal yg mengandung estrogen dan turunannya
Krn estrogen menghambat produksi ASI.

12. Nama : yanel hidayani
Domisili :pekanbaru
Pertanyaan: asalamualaikum dok, sya melahirkan kmren bulan maret 2018 setelah masa nifas habis awal mei , sampai sekarang sya gg mens , apakah sya gg mens krna meyusui? Normal kah dok? Sya subur atau gg dok? Apakah klo berhubungan aman dok? Saya blom psang kb .. msih trauma mlhirkn kmren ..

Jawaban
Tidak haid saat periode menyusui pasca persalinan namanya amenore laktasi, metode kb nya MAL (metode amenore laktasi).
KB MAL secara teori efektif sampai 6 bulan pasca persalinan dgn syarat intensitas menyusui yang tinggi. Akan tetapi ada sebagian yang wanita sampai 1thn atau lebih. Yang menjadi kendala dengan KB MAL ini adalah tidak taunya kapan kesuburan itu kembali, sehingga setelah 6 bulan dianjurkan pakai kondom menjelang haid datang, dan ketika haid dipasang IUD sebagai kontrasepsi yang baik, terutama jika menyusui.

13. Nama : Nurul Khikmah
Domisili : Pemalang - Jawa Tengah

Assalamu'alaikum bu dokmin, kebetulan nih dok saya sdg menyiapkan untuk KB pasca persalinan 2 bulan setengah kemarin...
melihat penjabaran artikel tersebut, disebutkan metode pil / pun injeksi tdk berpengaruh trhdp hormon dn ASI, sdgkan berdasarkan pengalaman orgw terdekat dn teman2,  KB pil tdk mempengaruhi siklus haid tp pengaruh produksi ASI. KB suntik tdk mempengaruhi produksi ASI tp mempengaruhi siklus haid dn membuat badan pd sakit. Tp, disaranin jgn pkai KB iud bisa kena infeksi.
Sdgkan sya sudah konsul k bidan, diberi tahu efek samping antara KB pil, suntik dn iud... dn lbh disarankan KB iud karena ga ada efek samping dn lbh cepat jika lepas KB, satu tahun sdh bisa lgsg promil.
Pertanyaan saya, cara memilih KB yg tepat itu bagaimana dok?

Jawaban
Tergantung kebutuhan ibu, jika memilih hormonal (suntik dan pil) pasti akan mempengaruhi siklus haid dan untuk subur kembali ketika lepas kb nya sedikit lama, terutama yg suntik 3 bulan. Untuk yang menyusui kb hormonal tidak boleh yg mengandung estrogen, kb hormonal yg pakai estrogen itu di KB pil dan suntik 1 bulan. Sehingga memang IUD yang paling baik, jika memang akan menunda kehamilan sementara dan ketika lepas kb bisa langsung hamil.

14.  Cici, duri
Assalamu'alaykum. Dok, terima kasih atas waktunya.
Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.
1. apakah yang disebut haid teratur itu harus siklus yang sama persis setiap bulannya? Misal 28 hari, harus selalu 28 hari. Kalau misalnya sesekali ada 27,29 atau 30 hari, apakah bisa dikatakan teratur? Dan haid yang seperti ini apakah bisa dipakai untuk patokan KB sistem kalender?
2. Saya pernah baca, katanya sebagian besar wanita mengalami kondisi vagina kering saat berhubungan (apabila sudah melahirkan), kira2 ini penyebabnya apa ya dok? Hormon atau psikologis? Bagaimana mengatasinya? Saya pernah dengar juga ada yang pakai pelumas, apakah itu aman? Seperti apakah pelumas itu?
Terima kasih 🙏

Jawaban
1.haid teratur itu petanda bahwa wanita itu subur, range 28 hari plus minus 7 hari.
2. Vagina kering hanya psikologis ibu, disarankan banyak2 bermesraan dahulu sebelum hub sex. Jika suka pakai pulumas boleh2 saja.

15. Assalamualaikum saya endah peserta grup pejuang asi. Asal dari bekasi.
Saya ibu dari baby ersya usia genap 1 bulan hari ini, saya stelah melahirkan blm pasang alat kb apapun,  yg ingin saya tanyakan alat kb apa yg paling aman ya? Amankah jika selalu pakai kondom jika berhubungan,  karna saya ingin hamil lg dengan jarak 3/ 4 tahun..
Trimakasih 🙏

Jawaban
Yang paling nyaman dan aman adalah IUD ibu, pakai kondom juga boleh, akan tetapi harus konsisten pakai kondomnya, jangan di lepas saat hub sex nya.

16.  Nama : Berbie 28 th
Domisili : Pekanbaru
Pertanyaan
1. Apa tanda KB hormonal tidak cocok di kita dok?
2. Apa badan semakin gemuk merupakan contoh tanda KB hormonal tdk cocok dok?
Terimakasih.

Jawaban
Tanda tidak cocok adalah ibu bisa hamil ketika pakai kb hormonal. Jika semakin gemuk itu krn diet/pola makan  ibu yang berlebihan.

17. Assalamualaikum
Selamat pagi

Nama : Susi S
Domisili : YOgyakarta
Pertanyaan : KB yang aman dan nyaman apa dok untuk jangka panjang? Yg PASTI gx bakal kebobolan. Soalnya udah trauma melahirkan ank kedua kemarin. Alhamdulillah sudah lengkap anak cwe cwo😊 2 anak cukup😇

Jika tidak berencana hamil kembali selamanya yang paling bagus adalah kontrasepsi mantap (steril). Tapi jika masih ada rencana hamil IUD adalah pilihan terbaik, aman dan nyaman.

18. Nama: Rosiana
Domisili: Pekanbaru
Pertanyaan:
1. Kapankah idealnya seorang ibu memasang IUD pasca persalinan? Apakah sesaat setelah SC bisa lgsg? Atau ada pertimbangan lain kapan waktu yg tepat?
2. Sekarang saya telah 14 bulan pasca melahirkan dan masih belum menstruasi (menyusui), apakah MAL masih efektif? Jika ingin pasang IUD apakah harus menunggu menstruasi? Jika ya, pada hari ke berapa menstruasi kah sebaikanya IUD dipasang? Jika tidak, adakah perbedaan apabila IUD dipasang saat mens atau tidak?
3. Apakah ada alternatif KB selain kondom yg bisa digunakan utk para bapak2? Jika ada apa sajakah alternatif tsb?
Terimakasih dok..
Jawaban
1. Idealnya IUD dipasang saat SC selain nyaman juga bagus, atau pasca lahir plasenta saat lahir normal dan saat haid. MAL secara teori efektif 6 bulan pasca persalinan, setelahnya efektifitasnya menurun sehingga disarankan pakai kondom dulu sampai haid datang, dan ketika haid dipasang IUD. Jika IUD ingin dipasang diluar masa haid, harus dipastikan tidak hamil dan saat pemasangan lebih nyeri jika tidak dalam keadaan haid.
2. Bagi pria selain kondom bisa vasektomi (steril) tp sifatnya permanen

19.  Rina , Cikarang
Waktu saya habis lahiran 10' kemudian saya pasang IUD..
Lalu setelah saya cek satu minggu kemudian ternyata benang tidak terlihat,lalu saya disuruh USG. Setelah USG ternyata IUD tidak terlihat juga.trs saya disuruh rontgen panggul, akhirnya saya rontgen panggul... ternyata IUD saya tidak pada tempatnya dok... akhirnya dilepas.
Dan sampai sekarang saya belum berani KB lagi. Yg saya tanyakan apabila saya pasang IUD bisa kaya gitu lagi gak dok?
Trs penyebab IUD tidak pada tempatnya itu kenapa?

Jawaban
Saya tidak tau ibu pasangnya dimana? Pasangnya saat haid atau tidak? Jika ibu mau pasang IUD lg, disarakan ke dokter kandungan agar dituntun pakai USG, sehingga pasangnya tepat

20. Assalamu'alaikum dok, Nama : Dewi
alamat : Pekanbaru Riau,
Pertanyaan :
 Sy tidak diizinkan suami utk program KB yg bersifat kontrasepsi atau yg lainnya. Adakah KB secara alami tnpa alat, suntik atau pil?utk ke depannya dok. skrg sy lg hamil yg kedua sedang anak sy yg pertma berusia 4 bulan.terimakasih
Jawaban
KB alami dengan sistem kalender atau ejakulasi diluar (tembak luar) tp sangat tidak efektif, saran saya pakai IUD saja, aman dan efektif.

Closing: Take home message dari dr feri SpOG
Baik, ibu2 pejuang ASI sekalian, banyak kontrasepsi yang tersedia sekarang pilihlah sesuai dengan kenyamanan masing, jika ada anggapan, mitos menganai suatu kontrasepsi mohon dicari dulu kebenarannya, bahkan sampai2 ada yg bilang IUD bisa pindah sampai kejantung, jelas saja itu suatu yg tidak benar. Tetaplah berikan ASI ke anak2 ibu, agar kualitas hidup anak ibu menjadi lebih baik. Rencanakan kehamilan dengan baik agar terhindar dari resiko2 kehamilan yang tidak diinginkan.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar