Waspadalah!

Zaman sekarang, uang palsu, makanan dipalsukan juga. Inilah akibat mental instan. Apa-apa maunya praktis, nggak ribet tapi menguntungkan. Maunya sih murah dan enak, tapi kalau ternyata nggak sehat? Nah, saking seringnya liat acara televisi yang menayangkan investasi mengenai berbagai kecurangan yang dilakukan pedagang untuk mengeruk keuntungan, saya jadi tahu beberapa hal:

1. Ayam kunyit setengah matang berbahaya: ditambahkan obat kompres luka luar, pewarna tekstil dan boraks biar ayam empuk, cepat matang dan tahan lama.
Tips untuk membedakan: ayam setengah matang asli lebih pucat warnanya, bukan kuning mencolok; berbau kunyit dan tekstur lebih kenyal.
Tips lain: Membuat sendiri ayam kunyit dengan baham-bahan ayam, kunyit, lengkuas, jahe, dan ketumbar yang dimasak dengan api kecil.

2. Teh botol palsu:
Tips membedakan: lihat kekeruhannya, kalau jernih berarti aman, kalau keruh kental berarti tidak baik karena warnanya berubah gelap akibat proses oksidasi; teh dengan pemanis buatan rasanya agak pahit; tutup botol jika dibuka meninggalkan bekas berkarat; teh botol asli tidak mudah dibuka dengan tangan kosong.

3. Cincau sehat (bukan yang palsu dan berpengawet): warna lebih tua, tidak terang; lebih mudah hancur kalau ditekan dan tidak memantul; wangi daun cincau; tahan hanya 2 hari, tidak sampai 2 minggu.

4. Es buah dan es degan palsu: rasa agak pahit; sirup lebih encer; gunakan tes kit yang bisa dibeli di apotik, kalau makanan mengandung boraks, warna pada tes kit berubah menjadi oranye, berarti makanan mengandung boraks; pastikan pedagang membuka kelapa didepan Anda; tidak ada rasa lengket dan pahit di langit-langit mulut.

5. Sari kelapa asli: tidak terlalu putih, broken white; aromanya tidak terlalu menyengat; kenyalnya melawan.

6. Ikan kunyit palsu: warna kuning mencolok, bukan kuning pucat; berbau zat kimia, bukan kunyit; lebih kenyal.

7. Nugget berpengawet boraks: lebih kenyal; susah dipotong; bisa bertahan lebih dari 1-2 hari tanpa berlendir; nuget dan tepungnya terlihat terpisah, tidak bercampur; setelah digoreng warnanya lebih merah, tidak kecoklatan; tidak berbau.

8. Sayur mengandung pewarna dan boraks: warna oranye menyala, tidak pucat; kalau asli setelah di blender warnanya oranye bening pucat.
Mengawetkan sayur secara alami: brokoli dimasukkan garam biar ulat mati. Taruh di es biar lebih berwarna lalu simpan di wadah dan chiller.

9. Brownies palsu: tekstur terlalu keras; beberapa hari tidak basi dan berubah aroma.
Bolu palsu: mekar berlebihan, warna terlalu mencolok, tidak gampang lepas.

10. Permen palsu: kencang, beraroma obat, berbau tajam, rasanya manis tapi terus rasanya berubah pahit.
Permen asli: gampang robek, wangi essence tidak terlalu tajam, rasanya manis terus selama dimakan.

11. Kerupuk aman: warna putih kekuningan, tekstur rapuh, rasa tidak enak di kerongkongan.
Roti sehat: semakin lama semakin keras, expired 1-2 minggu, bau butter, warna kekuningan, kalau dipilin menggumpal, tidak rontok.

12. Es pisang ijo palsu: pembungkus pisangnya berongga, kenyal dan padat, warna membekas hijau, berbau apek, warna mencolok dan tidak merata.

13. Bedak palsu:
Tips menghindari: beli bedak di tempat resmi; bedak asli warna terang dan rata; waspada propylparaben dan methylparaben, caranya coba bedak di punggung tangan, kalau gatal berarti tidak cocok; gosokkan cincin emas di atas bedak, kalau berubah warna menjadi hitam berarti bedak mengandung merkuri; lihat tanggal kadaluarsa, bedak aman bertahan 2 tahun; rusak kemasan bedak kalau sudah dipakai agar tidak digunakan kembali oleh pedagang curang.
Tips membuat sendiri bedak: bengkoang dihaluskan lalu saring endapan dan keringkan sampai menjadi tepung; rendam beras 2-3 malam lalu haluskan dan di ayak.

14. Bakso sehat: jika dibelah menjadi dua maka akan terlihat seratnyatidak kenyal tapi kalau dipegang kuat-kuat pecah; baunya alami.
Tips membuat saus sambal sendiri: tomat, cabe, bawang putih, bawang bombay, tepung maizena, buah bit.

15. Cara mengawetkan makanan secara alami:
- Gula membuat keju lebih awet.
- Bawang putih dicampur dalam ayam dan daging mentah untuk disimpan dalam freezer.
- Kluwek dimasukkan dalam ikan yang sudah dibersihkan.
- Simpan telur dengan posisi lonjong di bawah dan olesi dengan minyak dari santan kelapa yang sudah direbus selama 3 jam setelah dibersihkan.
- Jangan simpan tomat dan timun di tempat yang sama karena tomat membuatnya busuk.
- Jangan menyimpan apel dengan buah-buahan lain karena apel membuatnya busuk, tapi simpanlah apel dekat roti karena membuat roti lebih awet.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar