Pendidikan di AS

Pada tanggal 10 Februari kemarin, saya mengikuti bincang-bincang mengenai “Pendidikan di Amerika” di Amcor Unair. Sungguh sebuah topik yang menarik, bukan? Apalagi untuk mereka yang ingn melanjutkan studi ke luar negeri. Beasiswa tentu menjadi hal yang sangat didambakan.

Seorang pembicara dari aminef, ibu Ratna I Wijaya, membagikan pengalaman serunya ketika bersekolah di Amerika. Sekitar 4000 universitas dengan berbagai keunggulannya masing-masing beliau kupas dalam obrolan kali ini. Yang perlu digarisbawahi adalah kita harus jeli memilih universitas yang sesuai dengan minat, dana dan kemampuan kita. Untuk Harvard University yang ratingnya tinggi biaya hidup dan pendidikan selama satu tahun sekitar $5000. Tapi jangan pesimis dulu. Beberapa universitas menawarkan beasiswa kalau IPK kita sekitar 3,3. Kita juga bisa bekerja part time maksimal 20 jam seminggu. Bu Ratna menceritakan pengalaman serunya selama disana, suka duka beliau. Juga ditampilkan gambar perpustakaan di Universitas Amerika yang megah, sebuah video mengenai keadaan kampus Ohio University yang begitu mempesona. Wah, saya semakin termotivasi untuk melanjutkan S2 ke luar negeri.

Kalau masih ragu untuk menimba ilmu di negeri paman sam karena terganjal biaya, beasiswa jawabannya. Mengenai pendaftaran beasiswa di Amerika, aminef menawarkan solusinya lewat beasiswa penuh fullbright. Ada program master dan doctor juga program undergraduate tanpa gelar lainnya. Deadline pengiriman aplikasi biasanya sampai bulan April. Kalau apply tahun ini, maka akan diberangkatkan tahun depan. Adapun persyaratannya sama seperti kebanyakan beasiswa lain, yakni mengisi application form yang bisa di download di www.aminef.or.id. Yang dinilai pada tahap ini adalah IPK, aktivitas kita dan essay yang ditulis dalam application form. Oya, nilai TOEFL ITP juga perlu. Minimal 550. Nah, ketika sudah lolos seleksi dokumen ada tahap selanjutnya, yaitu interview. Setelah tahap ini lolos bisa dipastikan kita dapat berangkat ke Amerika tanpa memikirkan biaya.

Gimana? Mau coba apply? Yuuuuuukk.......!!!!!

0 $type={blogger}:

Posting Komentar