Memaknai Keberkahan

Oleh: Ustadzah Evie Silfia Zubaedi
πŸ“† 22 Agustus 2019

🌸 Tujuan  materi diatas adalah *tentang bagaimana kita memaknai barokah dan mensyukuri nikmat Islam dan Iman sebagai nikmat Allah yg terbaik*

🌸 *KISAH TELADAN*  pd saat 3th kaum muslimin diembargo ekonomi, Abubakar melewati tenda yg didalamnya ada bayi yg menangis, Abubakar meminta ibunya menyusui dan mendiamkan bayinya. Dan sang ibu murka kpd Abubakar krn tidak ada makanan sama sekali dan Abubakar meminta maaf. Namun kemudian sang wanita menyadari kesalahannya meminta maaf pd Abubakar & meminta Abubakar memintakan ampunan baginya pd Allah krn mengeluh dan tidak sabar krn tidak adanya makanan *sedangkan Allah memberinya nikmat terbesar yaitu Iman dan Islam.*

🌸 Selama ini *BAROKAH kita salah artikan* dengan segala sesuatu yg kita cari dan kita kejar, kadang barokah kita indentik kan dengan :

🏷 Banyaknya jumlah
🏷 Sehat
🏷 Kaya
🏷 Keuntungan usaha
🏷 Berhasilnya panen
🏷 Tampilan materi dan fisik yg keren
🏷 Anak anak yg berprestasi

🌸 Dikeluarga kita dididik tidak boleh sakit miskin atau gagal dalam urusan dunia,

Misal menjaga  agar tidak sakit saat akan menghadapi ujian, sedang saat sakit menjelang Ramadhan justru dimaklumi.

🌸 *SEHARUSNYA pengertian BAROKAH* seperti kata Imam Ibnu Rajab *adalah segala kondisi yg menambah ketaatan kita pada Allah*

🌸 Fenomena saat ini *mengaji* menjadi sebuah kebutuhan dan LIFESTYLE namun *kurang ada perbaikan dalam akhlak dan kehidupan sehari hari.*

🌸 *KISAH TELADAN* Seorang duta besar Amerika  memiliki seorang putra *Nouman Ali Khan* yg dikirim belajar dibeberapa negara timur tengah, ketika kembali ke USA. Ayahnya memanggil seorang Syekh dr Arab untuk mengajarkan putranya tafsir. Nouman diminta belajar bahasa arab untuk memahami tafsir Quran. Dari 500 orang yg belajar akhirnya berkurang sehingga tinggal Nouman sendiri, krn merasa tidak nyaman sendirian dia menyampaikan ke gurunya, namun jawaban sang Syekh bahwa beliau mengajar krn Allah dan banyaknya murid tidak berbanding lurus dengan keberkahan ilmu yg diajarkannya.

Dan terbukti keberkahan ilmu yang didapatkan Nouman, dia memiliki sekolah bahasa arab di NYC  dengan 15.000 murid setiap.periode. Dan mengundang Nouman sebagai pembicara di suatu kajian harus menunggu waitinglist  selama 4th. *Satu bukti keberkahan dalam menuntut Ilmu yg diniatkan karena Allah.*

*NOTE : silahkan dicari di you tube kajian Nouman*

🌸 Sehat jasmani tidak menjamin keberkahan dan bisa membuat seseorang bisa bangun sholat subuh / sholat malam. Cantik namun kecantikan fisiknya dipakai untuk melakukan aktifitas yg tidak disukai Allah ( menghujat, ghibah, melihat dan mendengar hal yg tidak baik )

🌸 Sudahkan kita melihat yg ada pd diri kita apakah sudah berkah atau tidak ?

Nikmat kecantikan
& kesehatan fisik kita apakah kita juga mampu berpuasa, pergi sholat berjamaah ke mesjid, sholat malam  dll

Sementara ada orang yg sedang diuji dalam sakit bisa mendekatkan diri pd Allah dengan sholat malam, dzikir, sedekah dan sisa hidupnya menjadi barokah.

*Dan tidaklah Allah menurunkan sakit tanpa hikmah dan keberkahan pd mahluk yaitu kesabaran yg dijanjikan Jannah*

🌸 Rasulullah berpesan jangan pernah mencela sakit demam krn demam meruntuhkan dosa.  Ubai bin Kaab selalu berdoa  " Ya Allah timpakan padaku sakit panas / demam"

Dan doanya terkabul bahwa sepanjang hidupnya sering sakit panas sebagai penghapus dosanya.

🌸 *TANDA KEBERKAHAN* Jika dulu gaji suami kita 1 juta kita membaca Quran 1 halaman setiap hari maka  jika suami kita mendapat gaji 5 juta maka seharusnya kita membaca Quran menjadi 5 halaman setiap hari sebagai rasa syukur atas bertambahnya nikmat.

Mari kita cek apakah *bertambahnya nikmat menjadikan kita semakin menambah ibadah kita & mendekatkan diri pd Allah*

🌸 *ANAK YANG BAROKAH* adalah anak yg taat pd Allah yaitu anak yg selalu butuh pd sholat, bacaan Quran dan ibadah

*PASTIKAN* apakah anak anak kita :

🏷 Mereka butuh pd sholat quran dan amal sholeh lainnya
🏷 Butuh pd akhlak memaafkan org lain
🏷 Butuh pd menjaga akhlak yg baik

🌸 *Tugas utama ibu adalah memastikan anak anak dan keluarganya  tetap di jalan surga.* Utamakan keluarga dulu sebelum mengurus orang lain ( kegiatan sosial ). Jadikan keluarga menjadi ladang dakwah.

🌸 Ujian diberikan agar kita makin dekat pd Allah agar mendapatkan keberkahan hidup

🌸 Barokah diberikan pd orang beriman yaitu orang yg percaya bahwa terdapat *2 komponen dalam IMAN* yaitu :
🏷 Syukur
🏷 Sabar

🌸 Sedangkan dalam *SABAR terdapat 3  komponen* yaitu :
🏷 Syukur
🏷 Sabar
🏷 Sholat

🌸 *TAAT PADA ALLAH*  adalah menjaga hubungan kita dengan Allah dan sesama manusia sebagai aplikasi  untuk
mendapatkan sabar dan syukur

🌸 Amalan yg Allah sukai adalah amalan ( sholat, bacaan quran, sedekah, puasa & dzikir ) yg  diperbanyak dan diperbagus kualitasnya dengan menjauhi marah, sakit hati, sensi dll

🌸 Dalam tubuh setiap sel selalu digantikan dengan sel yg baru. dengan mengkonsumsi makanan yg baik dan sehat.    Demikian pula dengan akhlak kita jika kita memberikan asupan amalan sholeh yg berkualitas maka  output perilaku kita akan baik pula.

🌸 *PERBAIKi KUALITAS AMAL SHOLEH* dengan :
🏷 menjauhi ghibah, marah, sedih, menghujat dll
🏷 perbaiki hubungan dengan sesama
🏷 niatkan setiap amal kebaikan krn Allah misal :

🌡 menjenguk org sakit bukan karena tidak nyaman tp krn Allah,
🌡 menghadiri undangan krn Allah,
🌡melaksanakan umroh bukan karena apa kata orang lain tp krn Allah

🌸 Orang yg sholeh menjadikan hartanya sebagai jembatan menuju surga

🌸 Kita sebagai orang tua hrs memastikan dan menumbuhkan pd anak anak kita *RASA BUTUH* pada sholat, pada bacaan quran, sholat malam, puasa atau pada amalan ibadah lainnya tanpa lg disuruh, dan kita memulai dari diri kita sebagai teladan bagi anak anak kita.

🌸 *KISAH TELADAN NABI MUSA*  beliau berjalan di sebuah makam dan beliau diberi karomah bisa melihat keadaan penghuni kubur. Saat itu beliau mengetahui ahli kubur tsb sedang disiksa, namun malamnya ketika.Musa melewati makam tersebut si ahli kubur telah diberi kemuliaan dan penerangan. Musa bertanya pd Allah. Allah berkata :

*" Ya Musa sungguh Aku malu bagaimana bisa Aku menyiksa orang tua itu dikuburnya, sedang anaknya yg sholeh diatas muka bumi memohon ampunan dosa bagi orang tuanya"*

🏷 Maka *pastikan anak anak kita sholeh dulu, agar doanya bisa terlangitkan, selain agar hidupnya barokah pun menjadi syafaat bagi orang tuanya* ketika meninggal kelak.

🏷 Bayangkan jika kita telah menjadi jenazah *anak anak kita bisa mengangkat tangan memintakan ampunan dosa atas kita orang tuanya di alam kubur. Sementara kita tidak bisa apa apa lagi* dan mereka yg memintakan ampunan atas dosa kita.

🌸 *Jika anak anak dan suami.kita sholeh* maka akan menjadikan keberkahan dlm kehidupan keluarga kita. *Krn kita membangun mereka untuk sabar dalam taat pada Allah*

πŸ“š *TANYA JAWAB* πŸ“š

🌸 *Tips memberi semangat pd anak yg menuntut ilmu di pesantren*
🏷 *Mengalihkan ego anak menjadi perhatian pd orang lain.* Dan urusan yg lebih manfaat misal membantu sekolah mengatasi anak anak yg bermasalah misalnya belum kerasan di pondok atau karena orang tuanya yg jauh dan jarang berkunjung ( anak bisa menghibur dan berbagi pd teman2 yg kondisinya demikian ).

🏷 *Menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan meminta doa pada anak* misal dengan mengatakan " Doa bunda bersama mu  nak dan bantu kami dengan doamu krn doa anak yg sedang berjihad mencari ilmu di jalan Allah adalah doa yg tidak tertolak.

🏷 *Jika anak merasa bersalah pd kita atas satu kesalahan* sampaikan untuk membesarkan hatinya

" Jika kamu membuat menangis Ibu Bapak atas satu kesalahan itu wajar krn kamu sedang proses belajar, kami sudah memaafkan dan memintakan ampunan pd Allah, Ridho dan Doa kami bersamamu"

🌸  *Sebenarnya kita adalah makhluk yg egois*   KISAH TELADAN. Seorang Ayah sedang sakaratul maut memanggil keluarga, istri dan anaknya dan bertanya kenapa engkau semua menangis ?

🏷 Anak  menjawab " Aku akan menjadi  yatim selama ini engkau menemaniku"

🏷 Istri menjawab " Sebentar lagi aku akan sendiri sementara selama ini aku banyak bergantung dan bersandar padamu"

Dan sang Ayahpun menangis keras krn keluarganya menangis  memikirkan dirinya sendiri bukan memikirkannya yg sebentar lg akan sendiri di alam kubur.

🌸 Seorang *Ibu sebaiknya mendoakan anggota keluarganya secara spesifik satu persatu,* misal :

🏷 *Untuk orang tua di alam kubur agar diberikan  ampunan dosa*
🏷 *Untuk suami mintakan ampunan dosa atas salahnya, mintakan  agar setiap ikhtiarnya menjadi pemberat amal kebaikan* dan membawa rejeki halal & barokah serta dijadikan imam terbaik dalam keluarga.
 πŸ· Doa untuk anak satu persatu sesuai kelebihan dan kekurangannya *mintakan pula ampunan atas dosa kesalahan anak anak kita dan ikhlaskan* agar Allah ridho dan memberikan yg terbaik untuk anak anak kita.
🏷 Mintakan atas diri kita *agar menjadi istri yg sholihah yg membantu suami dan anak anak beramal sholeh.*
🏷 Terakhir mintakan *dicukupkan amal ibadah dan bekal akhirat* bagi kita, suami dan anak anak kita.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar