Notula Ibu2 Pejuang ASI #2

Hari, tanggal: Senin 11 September 2017
Tempat: Grup Kulwap Ibu2 Pejuang ASI #2
Muwajih: dr. Zuhrah Taufiqa
Tema: Peranan MPASI Superfood Untuk Kecerdasan Anak

                        🍲 *Materi*🍲

πŸ‘©πŸ»‍⚕Assalamualaikum, ibu-ibu sholehah πŸ˜˜πŸ’

Terimakasih utk dr riza sulfianna atas kesempatan hadirnya saya di grup ini dalam rangka sharing & diskusi tentang MP ASI. Jadi, kulwap ini sifatnya sharing alias curcol. Silahkan aja, ungkapkan uneg-uneg atw perasaan dr hati yg terdalam. Jika ada yg tidak bs saya jawab, akan saya simpan jadi Pe-eR yg nantinya akan saya share d semua medsos yg saya miliki. Karena, ilmu itu tiada batas, dan yg saya ketahui pun cuma seujung kuku.

Baik, akan saya mulai kulwap dg pemaparan berikut ini :

*"Tumbuh kembang optimal adalah hak anak, artinya, ketika kita punya anak, kita harus mengupayakan yg terbaik utk anak, termasuk dalam hal ini Nutrisi yg menjadi pondasi tumbuh kembang mereka. Akan tetapi, dalam perjalanan ikhtiar maksimal kita sbg ortu, wajar kiranya jika ada suatu masa dimana ternyata kita menempuh jalan yg melenceng, atau malah keluar jalur. Niat di hati ingin memberikan anak masakan terbaik, padat gizi, dan sehat. Apa daya, ternyata testimoni atau pun trend kekinian yg mem-viral ternyata mengarahkan kita pd jalur yg salah.*

*Lalu, apakah kita sbg ortu merasa down? Mungkin iya. Silahkan meratapi diri sejenak, tp jangan lama-lama, cukup introspeksi dimana letak kesalahan, lalu, susun strategi selanjutnya utk memberikan nutrisi terbaik*

*1. Pelajari lebih banyak, banyak baca, baca ilmunya, bukan testimoni. Sekarang info sudah dalam 1 klik jari*
*2. Pahami dasar nutrisi pada anak. Sederhana sebenarnya. Seperti kita mengatur keuangan RT, jika asupan gizi anak sesuai dg pengeluaran energinya, maka status gizinya akan baik. Jadi pahami "pondasi gizi seimbang sebagai dasar kebutuhan gizi harian anak"*
*3. Fokus terhadap anak kita tanpa perlu membandingkan dg anak lain bahkan saudaranya sendiri*

Terkait SUPERFOOD,
Percayalah tak ada satu bahan pangan pun yg mampu memenuhi nutrisi anak secara lengkap. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral adalah zat gizi makro dan mikro yg harus ada dalam menu harian anak. Pertanyaan saya, apakah ada 1 bahan pangan yg bisa memenuhi semuanya sekaligus? Jika ada, saya pun mau mengonsumsinya.

Karena tidak ada, itulah alasannya mengapa, kita sbg ortu harus memberikan zat gizi yg bervariasi pd anak. Hati sapi, adalah sumber protein, zat besi dan zinc, tp bukan sumber karbo, atau serat, kandungan vitamin pun terbatas krn proses memasak yg cukup lama. Telur, adalah bahan pangan yg banyak sekali kandungan gizinya, protein d putih telur, lemak di kuning telur dan kaya dg omega 3,6 yg penting utk otak, berbagai vitamin kecuali vit C. Namun, telur bukan sumber karbo atau serat. Dan 1 butir telur memiliki kandungan gizi yg terbatas utk mencukupi kebutuhan gizi satu hari. Artinya, butuh kombinasi bahan pangan utk memenuhi semua kebutuhan anak sehari hari.

Bagaimana dg makanan yg di klaim SUPERFOOD? Kembali lagi, bahwa, tak ada yg sempurna. Jika chia seed dianggap mengandung omega 3 yg tinggi dibanding daging, telur dll, cb bandingkan utk berat chia seed brp gram? 100gram? Jangan lupa, serat juga luar biasa, risiko sembelit tinggi. Jika hanya dikasih sedikit, otomatis ya anak jg sedikit memperoleh manfaat omega 3 yg dihasilkan chia seed, bukan? Trus bagaimana dg kandungan gizi lain?

Atau minyak zaitun? Yg terkandung omega 9 lho, lemak non esensial yg artinya tubuh kita pun bs menghasilkan sendiri. Jadi jgn repot repot impor atw beli online apalg sampai mengalokasikan dana khusus utk hal hal spt ini. Lebih baik berikan anak kombinasi ikan dan kacang yg tak hanya sumber omega, tp juga protein, lemak, kalori, zinc, yg oke utk anak

So?
*Make it simple. Sederhanakan pemikiran akan memasak MP ASI utk anak, buka kulkas, apa yg ada. Pahami kandungan gizi msg msg bahan makanan d rumah kita. Jika sudah cukup 4 bintang, padu padankan, kombinasikan, lalu olah. That's it 😘*

Itulah mengapa memasak bagi saya menjadi mood stabilizer.

πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

                        🍲 *Diskusi*🍲

πŸ₯1. yayang tanya❤
Dok, saya pernah gabung di grup parenting. Ada topik yang membahas mpasi. Apakah skrg panduan yang digunakan itu adl prinsip gizi seimbang? Bukan 4 sehat 5 sempurna lagi? Artinya misal susu bukanlah kebutuhan harian melainkan variasi minuman saja. Saya masih bingung. Mohon penjelasan dan sumbernya ya dok πŸ˜ŠπŸ™

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Betul Bu. Sebenarnya prinsip gizi seimbang ini udh cukup lama kok. Saya lupa tahun persisnya. Tp sekitar 90an. Hanya saja tidak sepopuler 4 sehat 5 sempurna. Sumber ttg ini banyak d buku gizi bu.

πŸ₯2. anggi tanya❤
sy ibu 1 org anak laki2 usia 6bulan. sdg proses Mpasi. baca2 beberapa resep makanan mpasi ada yg dicampur dgn asi untuk melarutkannya. namun sy cb campurkan makanan dengan asip yg sudh dihangatkan anaknya g mau. ky mau muntah. ada yg salah kah? mohon pnjelasannya

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Jika ini terjadi d awal masa pengenalan mp asi, masih wajar bu. Krn d awal, reaksi anak bermacam macam. Yg intinya, anak tak bermaksud tak suka melainkan bingung menggunakan lidah dalam mengonsumsi mp asi. Jd terkesan melepeh padahal tak bermaksud begitu.

Cobakan berulang, hingga anak akhirnya fasih utk makan. Proses makan itu sulit lho. Butuh koordinasi gerak lidah atau oromotr. Yg biasanya hanya menghisap alias menyedot payudara. Tiba tiba mulut dimasuki mmakaanan padat, yg butuh gerakan lidah utk bergerak hingga proses penelanan.

Jd no worry, anak msh tahap belajar bu

Selain asi, bs jg dcampur jus buah. Jd tak harus asi. Bhkn bs dg menu 4 bintang jg sxgus

πŸ₯3. mardha tanya ❤
Dok, menu mpasi untuk bayi 8 bulan yg sedang batuk sebaiknya apa ya dok supaya batuknya cepat sembuh. Terimakasih

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Sejak 6 bulan, anak bole diberikan apa saja. Jika anak batuk, atau sakit, cb berikan lebih sering makanan berkuah. Spt sup dg bumbu aromatik tp tidak kuat.
Tumisan pun bole kok.
Yg ptg ketika anak sakit, makan utama tetap d jaga. Tekstur boke dturunkan jika nafsu makan anak berkurang.

Tingkatkan kandungan protein dalam makanan utk mempercepat pemulihan.

πŸ₯4. Putri tanya ❤
Saya memiliki anak berusia 11 bulan, akhir-akhir ini makannya susah, hanya 2-3 suap saja, selain itu sudah kenal rasa & saya sudah mencampurkan gulgar , nah yang mau saya tanyakan bagaimana cara menyeimbangi tambahan perasa jika anak sudah kenal rasa serta bagaimana kiat agar anak bisa kembali makan dengan lahap karena berat badannya sudah mulai turun ? Terimakasih

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Pertama,
Berikan makanan berbumbu aromatik spt bwg merah, putih, sledri, daun bawang, daun salam, daun pandan dll..agar lebih nikmat.

Kedua, beralihlah pd sumber manis dan asin alami. Asin spt keju, margarine, daging dan ikan jg ad kandungan natrium atw garam. Manis spt buah, bs d campur k dalam makanan

Ketiga
Utk mencukupi zat gizi, anak butuh makan sesuai porsi nya. Cb cek brp kebtuhan anak 11 bulan yaitu kira kira 3/4 mangkok -1 mangkok 250cc (1 ukuran sms gelas). Penuhi 4 bintang dg utama nya adalah sumber kalori berupa karbo, protein dan lemak sbg sumber energi.

Keempat
Saat anak sedikit sekali makan, bikin cemilan padat gizi yg sehat. Nugget ayam telur, tahu kukus dalamny ada daging, omelet telur mengandung daging dll.

Intinya makin kurang nafsu makan anak makin kreatif kita sbg ibu.

πŸ”πŸ‘†πŸ» Menanggapi ❤
Baik dok, untuk pertama kedua sudah saya kenalkan & memang harus sering berkreasi yaah πŸ™πŸ», untuk ketiga sekarang makannya tidak sampe 3/4 mangkok dok pdahal dulu lahap sekali lebih suka makan bubur instan yang mengandung keju / cemilan biskuit, untuk keempat noted dok harus lebih banyak lagi referensi menu - menu mpasi πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

πŸ‘©πŸ»‍⚕Stop instan, stop cemilan biskuit. Alihkan makanan kampung spt bakwan, risoles, nugget.

πŸ₯5. ainul tanya ❤
Teknik memasak mpasi yg baik dn bnr itu sbnrnya gmna ya buk dokter biar giZi nya tidak hilang trims bu

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Untuk pengolahan, bisa banyak cara. Untuk memasak yg benar makanan MP ASI, pahami, mulai dari pemilihan bahan, penyimpanan bahan, lalu pengolahan. Sudah saya share berupa foto ya bu.

πŸ₯6. Lia Tanya ❤
Dok, untuk mpasi bayi dengan keturunan alergi seperti seafood sebaiknya dihindarkan sama sekali pencetusnya atau tetap dikenalkan? Saya ada riwayat alergi seafood, sedangkan bulan depan twins saya mulai mpasi. Dan untuk mpasi awal menu tunggal sehari berapa kali baiknya.
Terima kasih sebelumnya. πŸ™πŸΌ

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Berdasar penelitian dan bbrp jurnal, meski ada risiko alergi makanan tetap dikenalkan. Justru tidak mengenalkan makanan akan memicu alergi d kemudian hari.

Tp tentunya pengenalan bertahap. Misal, kuahnya saja terlebih dahulu atw porsi kecil dan jangan digabung dg jenis protein lain utk memudahkan mendeteksi penyebab alergi.

πŸ₯7. syita tanya❤
Saya ada pengalaman saat anak pertama sakit lalu saya bawa ke dokter anak, lalu katanya anak di atas 1thn sudah harus dibantu dengan sofur selain dari ASI dan MPASInya, tapi karena anaknya nggak mau jadi saya akhirnya nggak lanjutkan pemberian sofur. Sekarang anak keduapun begitu, usianya sudah masuk 15bln masih ASI n tidak minum sofur. Sepenting apa sih susu pertumbuhan buat anak2 itu???

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Perlakukan susu sama spt sumber protein lain. Itulah mengapa tak lagi dipakai semboyan 4 sehat 5 sempurna bu.

Susu meemang mengandung protein atau asam amino esensial dan nonesensial, lemak, laktosa sbg karbo dll. Akan tetapi, kebutuhan anak di atas 1 th adalah 30% asi dan 70% mp asi. Artinya makanan yg dominan. Jika anak masih asi. Makannya 3x shari. Jika tanpa asi alias sufor, frek makan utama 4x alias ditambah 1x.

Mengingat dominannya mp asi, berjuanglah memberikan mp asi. Susu/asi maksimal hanya 500cc per hari dg pemberian pagi bangun tidur dan malam jelang tidur

πŸ₯8. Yunita tanya❤ Sy ibu baru. Alhamdulillah sy dikaruniai anak kembar. usia 1 th 2bln. Skrg2 ini sdg susah makannya. Lg suka pilih2 makanan. Mulai dr bubur nasi tim sampai nasi. Mkannya berkurang. Bb nya jg terbilang kurus. Apa yg sebaiknya sy lakukan?
Kalau sdh 1 tahun apa baiknya makan nasi tp sedikit atau bubur/nasi tim agak banyak?
Cemilan sehat n murah untuk satu tahun apa ya?

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Jika d padang, bisa konsultasi dg saya. Jika d luar sumbar silahkan konsultasi dg dokter anak y Bu. Tuntaskan masalah ini. Cek grafik pertumbuhan anak. Kenaikan melambat bahkan mulai mendatar adalah awal penurunan berat badan.

Periksakan dan berkonsultasilah.

Crosscheck asupan makanan anak sesuai porsi yg dianjurkan utk usia anak. Hindari makanan instan dan jajanan. Cukup berikan makan utama dan snack padat gizi tinggi kalori. Utk resep banyak bgt bu. Di instagram/buku saya pun bs d adopsi.
Utk usia 1th sudah nasi biasa y bu. Bukan nasi tim. Cb berikan anak cemilan apel dan pir atw buah yg keras utk latihan gigit agar mudah makan nasi keluarga.

Cth cemilan sehat murah, bakwan

Trigu+telur+ sedikit air, parutan wortel dll lalu goreng.

Atau telur dadar
Telur + santan 1sdm, bwg merah putih, sledri daun bawang, aduk rata, bikin orak arik/dadar

πŸ”yunita menanggapi❤❤Apakah ada perbedaan pertumbuhan/penambahan berat badan antara anak BBLR dgn normal pd umumnya jk mengacu pd WHO. Saat lahir si kembar bb 1,9 dan 2,4.

πŸ‘©πŸ»‍⚕Nah, utk grafik pertumbuhan kita acuannya adalah masing masing anak bu.

Utk anak BBLR tidak bs disamakan dg anak lain yg lahir cukup BB.
Jadi plot d grafiknya secara baik. Sesuaikan dg jalur masing masing ibu.

Itulah mengapa antar saudara pun kita tak bs membandingkan anak kita πŸ˜‡

πŸ₯9. Ririn tanya ❤
πŸ‘‰ Bu dokter, sampai umur berapakah batasan maksimal seorang  anak menyusu ibunya?
Misal lebih dari 2 tahun masih minum ASI apakah efek sampingnya? Apakah berpengaruh dg tumbuh kembang anak di kemudian hari jika masih minum ASI lebih dari 2 tahun?
Terima kasih

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Saya mengacu pd Al quran. Genap 2 th.
Tips utk menghindari Drama saat menyapih :
Sukseskan mp asi anak. Biasakan anak makan dan asi terjadwal.  Bahkan, Sejak usia 1 th, asi hanya 2-3x/hari.

Artinya dominan kenyang anak oleh mp asi. Ibu pun harus siap menyapih.

Sukses mp asi akan menentukan kesuksesan menyapih.

πŸ₯10. silvia tanya πŸ’—
Bu apa benar bahan makanan seperti mie yg terbuat dari terigu tidak disarankan ? Sebaiknya diganti dengan mie jenis spageti yg terbuat dr gandum utuh ?
Alasannya apa bu ?

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Semua makanan dibolehkan selama itu halal, baik dan tidak berlebihan. Silahkan mengonsumsi gluten selama tidak setiap hari.

Spaghetti atw gandum utuh lain jika tiap hari atau berlebihan juga tinggi serat yg akan menurunkan penyerapan lemak bagi tubuh anak. Dan risiko sembelit jg ada.

Ktika suatu makanan halal dan sehat, maka , Baik atau tidak makanan tergantung penggunaan. Porsi, frekuensi makan

πŸ”Menanggapi bu, anak saya masih terkendala dengan karbo bu, terutama nasi yg makanan pokok kita. Jika di kasi mi sebagai karbo anaknya mau, kentang atau ubi hanya sebagai cemilan itupun dimakan ga banyak.
Nah sebaiknya mie ini dibolehkan seberapa banyak bu dalam sehari atau boleh berapa kali dalam seminggu

πŸ‘©πŸ»‍⚕Mie 1x seminggu
Utk hal anak tak mau makan. Berlakukan reward dan punishment. Aturan lapar kenyang.

Berikan menu utama d jam tertentu. Jika tak disentuh, berikan punishment berupa tidak diberikan mainan. Atau ditahan kesenangan anak lainnya

Jika makanan oke, berikan reward berupa pujian.

Ajakan anak makan beda beda mnrt usia. Sesuaikan dg kegemaran. Anak suka baca, cari bacaan ttg makan. Misal halo balita yg gambar sali sdg makan. Anak suka spiderman bs aja kita karang crita spiderman bs manjat krn makan bnyak

πŸ₯11. dewi tanya❤
πŸ‘‰ dok, katanya sekarang kita kalo bisa jangan stuck di prinsip -tidak apa2 anak kurus yang penting aktif- ini cukup bikin saya galau dok, anak saya persis bgitu, kurus tapi aktif luar biasa, sakit juga alhamdulillah tidak pernah sakit2 yg lama dan mengerikan (naudzubillah), jadi gimana dok, apa saya harus mati2an membooster bb anak saya? Dalam hal ini harus maksa anak makan lebih banyak lebih bervariasi?? πŸ˜”

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Jika anak ibu sekarang kurus, lincah,..nantinya d masa depan dia akan pendek/stunting. Knp?
Krn gizi anak tak mencukupi utk mengcover kebutuhannya sehari hari.

Saran saya, jangan tertekan oleh hal begini. Jd kan ini hal pemacu agar ibu makin semangat berkreasi utk booster BB anak.

Mind set nya usahakan utk diubah terlebuh dahulu.

Ada hal hal yg tak bs ibu kejar d kemudian hari. Yakni gizi anak.

Masa percepatan pertumbuhan seumur hidup 2x yakni saat 0-3 th dan pubertas.  Bgmn pun ibu booster bb anak di luar usia itu tak kan berefek seluar biasa d masa percepatan tumbuh ini (growth spurt)

Jd berjuanglah πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Tips booster BB banyak:
Cukupi 3J.
Jadwal makan disiplin dan konsisten
jenis makanan bervariasi
Jumlah asupan makanan cukup. Cb d baca tulisan saya soal anak kurus tp lincah d website klinik My lovely Child d bagian Gizi MP ASI

http://www.klinikmylovelychild.com

πŸ”☝🏻dewi menanggapi ❤❤
Ok budok, berhubung anak saya sudah 3th+ mudah2an ini tidak terlambat ya, saya terus terang memang menganut yg tadi itu, gak pernah kawatir dgn bb selama dia lincah, pintar, dan jarang sakit.. saat2 mpasi dulu jg saya ngotot gak pernah mau kasih instan, selalu homemade, setelah disapih 2th, saya kasih susu ultra kotak yg plain, bukannya gak mau ngasih sufor yg katanya bisa bikin bb anak naik, tp sy maunya susu segar yg nggak banyak melewati proses kimiawi seperti susu bubuk yg bejibun mereknya.. sepertinya saya harus melonggarkan standar ini ya budok,, πŸ˜₯πŸ˜₯

πŸ‘©πŸ»‍⚕Standar ibu sudah bagus. Hanya saja, porsi asupan belum bs mengimbangi pengeluaran energi anak sehari hari bu.ibarat RT, pngeluaran kita nambah tp pendapatan kita tetap. Otomatis tabungan terkuras. Jd anak kurus.

3th masih bs. Hingga 5 th bs berjuang utk golden periode anak.

Semangat berjuang bu πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

πŸ₯12. Melly tanya ❤
Anak saya saat ini usianya 5,5 tahun.. BB 15kg.. kalau di growth chart berada di atas persentil 3rd dan di bawah persentil 15th.. BB lahir 3,8 kg.. MPASInya dulu tidak baik kalau saya bisa bilang.. tidak mau makan dan hanya lebih banyak menyusu.. bahkan pernah saya berikan MPASI instan karena saya pikir bisa saja dia tidak menyukai masakan saya.. tapi dari 1 sachet makanan kemasan itu pun seperempatnya dia tidak habis..
Setelah disapih,, mulai lah meningkat makannya. Sampai sekarang pun makannya menurut saya banyak. Tapi BBnya tidak pernah melebihi angka 15 kg sejak berbulan lamanya. Setiap pulang sekolah dia mengeluh lapar. Saya berikan cemilan atau makanan berat. Tidak minum susu rutin. Susu hanya rekreasi saja,, misalnya bekal sekolah.
Apa yang harus saya khawatirkan atas ini? Apakah penting untuk mengecek kemungkinan ADB sehingga anak saya tidak bertambah BBnya? Atau ada pemeriksaan lain? Ketika dulu 0-5y saya selalu cek KPSP-nya dan skor setiap tahapannya bagus. Akademiknya di sekolah (saat ini dia Kindergarten 2) juga baik.
FYI, ayahnya kurus juga. Tapi faktor genetik ini baru bisa kita simpulkan setelah pemeriksaan lain sudah dijalani dan tidak ada masalah apapun kan?
Mohon tanggapannya dokter.. Terima kasih dr. Fiqa.

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Mnrt penelitian genetik hanya berpengaruh 20% jd dominan adalah pengaruh nutrisi dalam asupan makan harian anak.

Pertumbuhan beda dg perkembangan.
Pertumbuhan diukur dg parameter BB,TB, LIngkar kepala. Utk anak ibu, modal awal berupa berat badan lahir udh sngat bagus. Sayangnya d proses mp asi dan seterusnya.

Perkembangan beda dg pertumbuhan dan, d ukur dg KPSP atau DDST. Jika bagus alhamdulillah bgt bu.

Akan tetapi, jika ingin optimal, kduanya harus seiring sejalan. Jika gizi anak ibu bagus insyaallah perkembangan pun akan jauuuuh lebih baik.

*Bgmn caranya,?*

Utk kasus ini agak kompleks. Klo bs konsultasi lgsg y bu.
Harus ada tanya jawab detail soal pola makan anak yg tak bs saya handle via medsos apalgi chat ini

Utk pemeriksaan anemia bs jg d tempuh. Jgn lupa faktor psikologis anak berupa kebersamaan anak dg ortu, quality time, hub suami istri/ayah ibu, LDR ayah ibu, Dukungan keluarga thd anak, jg bisa berpengaruh.

Pola makan adalah ungkapan perasaan anak thd kondisi yg tjd pd dirinya jg. Andai ada faktor psikologis ini, harus ada sinergi antara dokter dan psikolog utk menangani ini. D klinik MLC biasanya saya dan psikolog bekerja sama menuntaskan ini. Tidak mudah tp insyaallah bisa.

πŸ₯13. Tsabitah tanya❤
Apakah umur 8 bulan boleh makan snack yg d gorengan?

πŸ‘©πŸ»‍⚕Bole bu. Anak tidak didietkan lemak. Yg trpenting, minyaknya fresh alias baru. Agar lembut dan mudah dikonsumsi. Rebus dulu, baru goreng sebentar.

Perhatikan minyak yg digunakan utk menggoreng. Beda minyak beda perlakuan. Utk minyak kelapa, jagung api sedang saja. Zaitun hanya eloo yg bs dgunakan utk menggoreng itupun api kecil- sedang. Utk mencegah kerusakan struktur lemak yg justru berakibat buruk thd ksehatan

πŸ₯14. anis tanya ❤
πŸ‘‰ anak sy udh setahun tp blm bs mngunyah, makannya masih nasi tim disaring halus. Itupun kdg msh suka keselek lalu mnt minum. Akhirny dia lelah n malas makan. Skrg udh 3 hr ini gak mau makan. Tp klw dikasi cemilan utk dimakan sndiri dia mau tp ttp yg masuk sdkt krn gak bs ngunyah td.. ap yg hrs sy lakukan ya bu?

πŸ‘©πŸ»‍⚕Keselek atw muntah bu?
Bisakah menggigit biskuit, kerupuk?

πŸ”πŸ‘†menanggapi, keselek bu.. gak muntah. Klw gigit biskuit n kerupuk bisa bu.. dia suka kerupuk.. tp gak byk makanny bu, sbntr aj hbs itu dimainkan, biskuit gtu jg.. biskuit gak trllu suka

πŸ‘©πŸ»‍⚕Berarti anak ibu bisa. Tp kurang berjuang. Cb stimulasi dg menggigit apel, pir yg agak keras.

Utk hal ini harus d latih bu. Naik dlu tekstur k nasi tim. Berikan rasa manis jus buah utk menambah rasa, makanan y dimasak dg bumbu aromatik jg.

Anak 2tahun yg saya tangani krn masih tekstur halus, dan bahkan gizi buruk alhamdulillah bs makan sesuai tekstur dan gizi baik.

Caranya,
Disiplin, konsisten bu utk pemberian pola makan.

Jika anak memang muntah, baru kita berfikir ad gangguan oromotor.

πŸ”☝menanggapi ❤❤
Alhamdulillah bu klw bgtu, krg brjuang brrti ya bu, sy jg hrs brjuang utk tdk lelah mmbri makan anak.. krn sy orgny mdh baperan bu, takut sekali anak kurang gizi krn makannya spt ini, aplg BB nya susah naik.. trma kasih byk ats waktu n ilmunya bu πŸ™

πŸ₯15. neansy tanya❤
Dok anak saya jg kurus dan lincah. Bahkan sepertinya kepandaiannya seperti belum waktunya. Merangkak usia 5bln, duduk sndri dan  menjimpit usia 6bln. Skr usia 7bln dan belajar berdiri sndri. Sgt aktf. Sdh saya berikan porsi makan 2x shari dan1x camilan brupa buah atau snack. Hanya saja bb msh irit naiknya. Bagaimana solusinya ya dok? Lemak tambahan yg sering sy gunakan evoo dan UB trims dok

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Utk hal ini sudah ada djawaban lain bu.

Pertumbuhan dan perkembangan itu berbeda meski seiring sejalan.

Jika ingin anak tumbang optimal. Maksimalkan aasupan. Krn anak tak mungkin dibatasi aktivitasnya. Jd kitalah yg berupaya dan juang keras meningkatkan asupannya.

Cara booster bb :
Tingkatkan asupan
Tingkatkan porsi
Bs double karbo, protein
Snack padat gizi
Cek porsi serat harian, apakah berlebih?
Lemak tambahan apa saja bole, santan, minyak apa saja. Tak perlu terpaku pd eloo, evoo. Lebih baik berikan double protein yg mengandung protein sxgus lemak
Cek ig saya soal evoo dan eloo @drfiqa_mpasi

πŸ₯16. rika tanya❤
Annak saya umurnya 18 vulan dengan BB 10.5 kg, giginya sudah mulai lengkap yg bawah, yang atas sudah 6, kalau makan seringnya diemut saja, saya tetap kasih nasi sehari 1x, bubur tim 1x, bubur dihaluskan 1x (paling banyak makan yg dihaluskan dok), unuk buah saya masoh jus, tapi unuk cemilan kue atau biskuit dia mau sih....
yg mau tanyakan, bagaimana agar dia doyan makan dan tidak diemut makannya? untuk susu, masih ASI dan sufor jika ASIP kurang. terimakasih

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Senada dg saran saran di atas bu.

Stimulasi anak utk mengunyah dg pemberian makanan padat, buah spt apel, wortel, labu siam, pepaya yg bertekstur.

Jangan takut anak tak bs makan. Berlakukan sistem lapar kenyang. Jika diemut. Hentikan.

πŸ₯17. asih bertanya ❤
Saya pernah dengar Bu,
Kalo katanya bubur instan yg kemasan itu lebih baik dari pada bubur yg kita olah sendiri , Krn bubur instan itu asupan gizinya lebih lengkap dan padat. Apakah itu benar Bu?

πŸ’‘JawabπŸ’‘

πŸ‘©πŸ»‍⚕Prinsip pribadi saya. Jika bubur instan gizinya terukur. Maka kita harus bs bikin menu homemade yg bergizi baik dan lengkap jg πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Satu yg pasti bu, makanna yg fresh jauh lebih oke dbanding instan
Simplenya begini, ibu mau makan sarden kalengan atw ikan sarden yg dimasak sendiri? πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡
Itulah mengapa saya ngotot ngadain kelas mp asi. Agar ibu ibu muda bs bikin mp asi homemade dg pengolahan yg baik higienis, bahan dasar fresh dan penyajian baik plusss bergizi lengkap dan terukur

πŸ”Anak saya dgn tongue tie, apakah ada makanan yg lebih di utamakan untuk nya Bu?

πŸ‘©πŸ»‍⚕Utk jenis asupan semua bole bu.. tinggal menyesuaikan tekstur dg kemampuan oromotor anak bu.

Sama spt anak down syndrome dg lidah besar, mulut kecil, tekstur menyesuaikan.

Utk kasus khusus butuh bahasan khusus jg bu πŸ˜‡

                    🍜Closing statement 🍜

*Terimakasih saya utk semua ibu ibu yg berpartisipasi malam ini, sudah mau meluangkan waktu utk kuliah malam-malam pdhl semua pasti pada rempong juga. Tp demi ilmu ya πŸ˜‰*

*Semoga apa yg kita diskusikan ini bermanfaat, dan bisa diaplikasikan*

*Banyak cara mencari ilmu saat ini, usahakan utk cross-check informasi yg diperoleh, jika info kita tepat insyaallah g mudah baper dg komentar nyinyir org. Ibarat pedoman hidup ada alquran dan sunnah maka hidup pun g gampang goyah*

*Sabar dan semangat lah utk anak. Krn risiko kita punya anak maka kita harus menunaikan hak anak*

*Nutrisi di masa emas anak tak bs dikejar nanti, jd berjuanglah*

Untuk info seputar mp asi silahkan ikuti d fb saya Zuhrah Taufiqa, ig saya @drfiqa_mpasi, dan website klinik

https://www.klinikmylovelychild.com/layanan/konsultasi-gizi-dan-mpasi

*Percayalah tak ada yg mudah tp semua kerja keras kita akan terbayar dg tumbuh kembang anak yg optimal nantinya*

Bekerjasamalah dalam bentuk komunitas yg saling support

Mhn maaf jika saya memiliki keterbatasan melayani via japri, krn kesibukan sy bekerja, handle urusan RT tanpa ART dan ada balita.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

0 $type={blogger}:

Posting Komentar