114 Qur'an stories: Teman Seru Anak-anak Saat Ramadhan

Judul buku: 114 Qur'an stories
Penulis: Vanda Arie
Penerbit: Kanak (Bumi Aksara)
Tahun terbit: 2019
Dimensi: 19 x 26 cm
Halaman: xiv + 186 halaman


Baca juga: Resensi Buku "Sabar Menanti Buah Hati"

Ramadhan adalah bulan mulia saat diturunkannya Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah pembeda yang haq dan bathil. Petunjuk agar selamat dan tidak tersesat, baik di dunia maupun di akhirat. Ada banyak kejadian di masa umat terdahulu yang diabadikan di dalam Al-Qur'an. Hal tersebut dapat dijadikan pelajaran dan dipetik manfaatnya. Berkaca dari pengalaman umat terdahulu, hendaknya kita menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dengan cara mempelajarinya.

Baca juga: 7 Tahapan Melatih Anak Berpuasa Ramadhan

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menegaskan bahwa sebaik-baiknya orang adalah mereka yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya. Akan tetapi, sudahkah kita mempelajari isi Al-Qur'an dan mengajarkannya pada anak-anak kita? Jika belum, maka mari manfaatkan momentum Ramadhan untuk meningkat kualitas ibadah dan keilmuan. Terlebih mengkaji lebih dalam tentang Al-Qur'an.

Buku "114 Qur'an stories" hadir di tengah-tengah keluarga muslim untuk mempermudah menyampaikan isi Al-Qur'an kepada anak-anak. Buku ini berisi cerita 114 surah dan para Nabi yang disertai asbabun nuzul (sebab diturunkannya ayat). Buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Buku ini adalah teman yang pas untuk membersamai Ramadhan si kecil. Selain itu, buku ini juga dapat dibaca oleh orang tua muslim sebagai bahan berkisah pada anak-anaknya. Sebab, berkisah adalah salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan pesan.

Cerita dalam buku ini dipaparkan lengkap mulai dari surah Al-Fatihah sampai surah An-Nas. Pada setiap bagian awal cerita surah dilengkapi dengan nama surah beserta artinya, tempat diturunkannya surah, urutan surah dalam Al-Qur'an dan jumlah ayat. Hal yang menarik dari buku ini adalah adanya ilustrasi berwarna sebagai pendukung cerita.

Anak-anak dapat meneladani kisah para nabi, diantaranya Nabi Yunus, Nabi Yusuf, Nabi Ibrahim, Nabi Sulaiman, Nabi Ismail, Nabi Nuh, Nabi Daud, dan Nabi Muhammad. Para sahabat Nabi yang mulia, antara lain Aisyah, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, Abdullah bin Masud, Khaulah bintu Tsalabah, Hamzah bin Abdul Muthalib, dan Wahsyi bin Harb diceritakan pula dalam buku ini. Kisah orang pilihan, seperti keluarga Imran, Maryam, Ashabul Kahfi, dan Luqman juga disajikan dalam cerita yang menarik.

Selain itu, anak-anak dapat memetik pelajaran dari kisah Nabi Musa dan kaum Yahudi yang suka membangkang,  Nabi Hud dan kaum Ad, Nabi Saleh dan kaum Tsamud, Nabi Luth dan kaum Sodom serta Nabi Muhammad dan kaum Quraisy. Beberapa kisah mengenai orang-orang yang menentang ajaran islam seperti Fir'aun, Qarun, Abul Asad dan Abu Jahal yang sombong, Utbah bin Rabiah, Abdullah bin Ubay si Munafik, Ubay bin Khalaf dan Umayyah bin Khalaf si Pengumpat dapat dijadikan pelajaran agar tidak ditiru.

Kejadian penting seperti Perang Tabuk, Perang Khandaq, Perang Uhud, dan Perjanjian Hudaibiyah juga tersaji dalam buku ini. Ada pula cerita tentang binatang, yaitu lebah, semut dan laba-laba.

Kelebihan buku ini adalah kisah di dalam Al-Qur'an yang dipaparkan lengkap dan penyampaian cerita yang mudah dipahami, baik oleh anak-anak maupun orang tua. Buku ini juga membantu belajar memahami tafsir dan asbabun nuzul surah-surahnya.

Buku ini ditulis oleh Vanda Arie, ibu dua orang putri, yang lahir di Tegal pada 16 April. Beliau adalah penulis buku anak sekaligus anggota Forum Lingkar Pena Sidoarjo. Karya-karyanya antara lain Kristal Kasih Sayang (DarMizan), Hore Aku Tinggi (Tiga Serangkai), Rahasia Ramuan Sehat dari Al-Quran (Ufuk), dan 24 Nabi Rasul Teladan Utama (Sygma). Lebih dari 20 karyanya yang lain dimuat dalam buku Antologi.

Selamat membaca buku "114 Qur'an stories". Semoga anak-anak kita dijadikan anak yang cinta pada Al-Qur'an dan berakhlak mulia seperti Al-Qur'an.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar