Catatan Kulwap Parenting "Komunikasi yang Baik pada Anak"

Oleh: Marisa Puspita Sary. M.Si
Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ)



Ayah Bunda pembelajar...

Sering kita tidak sadar bahwa kata-kata yang kita ucapkan kepada anak-anak kita lebih banyak kritikan dibandingkan penghargaan.
Padahal kritikan hanya akan menurunkan harga diri, bahkan menciptakan kebencian, apalagi jika disampaikan di depan umum. Kitapun tidak suka dikritik bukan?

Sebaliknya, penghargaan adalah salah satu bentuk komunikasi yang dapat merekatkan hubungan dan menciptakan rasa kasih sayang. Salah satu ucapan yang mungkin sering kita utarakan tanpa sadar kepada anak-anak adalah:
"Masa gini aja kamu ga bisa sih?"

Efek dari seringnya anak mendapat kritikan, selain berdampak pada kepercayaan dirinya juga akan merenggangkan hubungan. Kita berpikir itu tidak berdampak. Tapi jika berulang-ulang sering kita ucapkan akan berpengaruh kepada rasa percaya diri anak-anak kita hingga akhirnya mereka menyetujui pendapat kita bahwa mereka memang tak mampu melakukannya dan bisa jadi mereka takut mencoba segala sesuatunya karena takut gagal.

Salah satu hal yang dapat mencegah kita untuk mudah mengkritisi anak adalah dengan empati. Empati adalah menempatkan posisi kita pada kondisi orang lain atau anak.
Anak-anak tetaplah anak-anak yang memiliki pengalaman dan pengetahuan masih terbatas. Secara tidak sadar kita sering memperlakukan mereka bagai orang dewasa yang bertubuh kecil. Menuntut mereka sudah paham segala sesuatunya dan sudah mampu melakukan hal-hal yang dilakukan orang dewasa.
Ketika kita mampu berempati pada kondisi mereka yang memang masih terbatas kemampuannya maka sebagai orang tua kita akan lebih menerima segala kekurangan mereka dan berimbang menilai anak-anak bahwa mereka juga punya kelebihan yang patut kita apresiasi.

Ayah Bunda... belajarlah menerima anak-anak kita apa adanya, dengan segala keunikan mereka.
Fokus pada kelebihan mereka sambil membimbing mereka bertumbuh terhadap hal yang dirasa belum sempurna.
Hindarilah kata-kata kritikan yang tidak memberi solusi dan hanya menjauhkan kita dari mereka.
Jangan pelit memberikan penghargaan atau apresiasi saat mereka melakukan kebaikan. Mengkomunikasikan penghargaan tidak hanya sebatas ucapan tapi juga sentuhan lembut, usapan ke punggung mereka, usapan di kepala dan pelukan hangat.

Ayah Bunda...
Waktu kita bersama anak tidak terasa sangat singkat.
Tiba-tiba mereka sudah SD, sudah remaja, dewasa.
Manfaatkanlah momen-momen membersamai mereka dengan kenangan indah.  Perilaku dan kata-kata indah kita untuk mereka adalah warisan berharga yang tak ternilai yang akan mereka kenang hingga dewasa.
Jika ingin mencetak anak-anak yang sholeh  sholehah, bertekadlah sejak saat ini untuk memperbaiki perilaku dan kata-kata kita kepada mereka. Kitalah terlebih dahulu yang berupaya memperbaiki akhlak sebelum menuntut anak-anak kita berakhlak baik.

Semoga Allah membimbing kita menjadi orangtua sholih untuk anak-anak kita.


Sesi diskusi

- Lulu
Saya mau bertanya ank saya saat ini usianya sdh 3th disaat dia sdg marah enggan unt mnjwb pertanyaan dr saya ataupun siapapun bunda. Trus dia nangis dn kalau nangis bs lbh dr sejam nangisnya kenceng bgt pdhl ga di apa2kan trus solusinya bagaimana.
Saya sampai detik ini masih bingung apa yg trjd dg si kcl. Pdhl apa yg dia mnta brusha saya penuhi. Dn satu lg prtnyaan saya setiap pnya mainan psti ga brthn lama klu ga bannya di protoli pintu mobilnya ato yg lainnya smpe mainanya hancur.

Ank saya itu semakin di deketin semakin nakal bunda. Pdhl dia sdh bs berkomunikasi dg baik klu tdk sdg marah dia bisa mengatakan apa yg dia mau dn dia rasakan. Jd dia itu klu lg mrh psti ga ngereken lawan bicaranya bahkan cenderung cuek.
Intinya disetiap marah dia tdk mau menjwb smua hal yg ditanyakan ke si ank dn klu sy mrhi pasti nangis dn nangisnya kenceng bgt spti org yg sdg dianiaya gtu nangisnya juga bs berjam jam.

Nakalnya pintu kamar di gebrak2 kdg juga di tendang klu mukul dia ga brani bunda aplg merusak brg. Biasanya dia merusak brg itu ketika mainan sndri trus tiba2 roda mobilnya di lepas ato di buang ke got pkknya ada aj yg dia lakukan dn ank saya ga bs diem aktifnya luar biasa kdg sy jg pusing ngelihatnya.
Kalau saya tnya psti dia cm diam aja matanya smbil melorok2 kyk org sdg kesal trus mulut2nya di gerak2in kyk org komat kamit.
Sdh sy peluk bahkan saya cium juga bunda tp dia tetep aja mengulang hal yg sama. Pdhl dia sdh jnji ga akn nakal lg.
Apa yg trjd dg ank ya bunda. Pdhl apa yg dia mau selalu saya penuhi.

Dn ketika dia melakukan apa yg sy perintahkan psti sy beri hadiah entah hanya sebuah ciuman kue atopn permen.
Trus klu ad org psti capernya luar biasa kdg capernya menyakiti entah nyubit pukul org atopn nendang.

Sering bunda setiap dia mau tdr sy ushkn unt bcra dr ht ke ht dg dia.
Sllu dia berkata iya mama adk ngerti. Tp ke esokan harinya tetap saja di ulang pdhl dia tau klu saya marah psti dia saya cubit ato slentik kyk ga kapok gtu bunda. Mlh semakin menjadi2. Tp kalau di halus dia malah krg ajar sm saya atopn yg lain.

Kdg sy brfkr apa perlu sy bawa ke psikolog ato psikiater?
Agr sy tau apa yg trjd dg ank saya. Sbnrnya perlu ga bunda.

Dia paling suka dg aktifitas yg berbau olahraga atopn tari.
Setiap dgr musik pasti dia nari sndri tanpa saya srh dn ajarkan. Dia suka sekali dg bola trus lari2.
Sukanya dia lari2 jrg mau jln sukanya lari2.
Pkknya suka dg aktifitas yg mengeluarkan keringat. Srh duduk anteng semenit aja ga bs psti ad aj yg dikerjakan.
Dulu msh ad papanya yg ajk bermain skrg papanya di luar kota sdg saya ga hoby olahraga jd dia ga ad temen bwt main. Apa itu bs jd pemicu dia jd nakal ya bunda? Krn dia ga bs menyalurkan bakatnya.

Jawaban:
untuk anak 3 thn blm bisa sempurna untuk mengungkapkan perasaannya bunda...biasanya jika merasa tdk nyaman di ekspresikan dgn menangis. yg dibutuhkan pada saat itu adalah sebuah pelukan hangat dari ayah bunda untuk membuatnya nyaman. sdh coba dipeluk bunda?

nakalnya seperti apa bunda2... memukul atau merusak barang?

berarti di ajak bicara lagi bunda... knp dia sering tidak mau nurut...

biasanya sikap seperti itu adalah bentuk protes anak dari hal2 yg dia tidak setujui dari orangtuanya.

ditanya secara santai saat dia mau tidur sambil usap2 kepalanya..
kakak... bunda/ ayah sayang bgt sama kakak..
sambil.. sebutkan sifat2 positifnya..

selanjutnya tanya: kakak sayang ga sama ayah bunda. dgn tujuan spy dia mau keluarin unek2nya. diajak bicara saat marahnya sdh mereda.

sering diajak bicarakah bunda?

belum perlu ke psikiater bunda.

atau ikut tes bakat dulu bunda... bisa jd tipe nya kinestetik berbakat pada aktivitas olah tubuh yg bisa disalurkan dgn kegiatan fisik misalnya taekwondo atau karate.

berarti cocok bun..
harus disalurkan dgn kegiatan olah raga.
bisa jg renang atau main bola.

- Dyah
Terkadang kita ingin mendidik buah hati kita sendiri tanpa campur tangan siapapun. Dalam artian agar anak tak bingung menyerap perintah yang membingungkan. Dalam contoh kasus yg saya alami. Saya kadang tegas tentang makanan manis dan jajanan sembarangan diluar hingga menangis pun tak saya berikan karna nnati dya belajar kalau saya menangis maka saya pasti di beri. Tp kadang di sela" tantrumnya pasti ada rasa kasihan dri nenek kakenya untuk diberi. Jadi sekarang apa" yg dya inginkan pasti mmntanya dengan menangis. Mohon solusinya ya bunda.

Jawaban:
coba upayakan saat santai bunda bicara dari hati ke hati kepada kakek neneknya.
bahwa bunda butuh dukungan dari ortu untuk memilihkan makanan sehat dgn menghindari yg manis dan jajan sembarangan dengan pertimbangan untuk menjaga kesehatan ananda.
ajak kakek neneknya mendukung upaya bunda supaya satu aturan dan tdk membuat anak bingung.
tentunya bahasa dikemas sedemikian rupa agar tdk menyinggung perasaan kakek neneknya ya bunda.


- M. Ar
Bunda mau bertanya, bagaimana kalau kita suka memarahi anak,karena kedua anak saya aktif sekali, bahkan setiap ada mainan pasti rebutan ingin mainan yg sama,bagaimana ya bun..
(Usia anak saya 4 tahun dan 3 Tahun)
Terima kasih πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Jawaban:
jarak usia yg dekat...rentan dgn persaingan...
ada baiknya diajarkan kepemilikan termasuk mainan.
mainan baiknya masing2 jelas pemiliknya. sehingga jika adik mau main mainan kakaknya harus izin ... begitu jg sebaliknya bun...


- Fatimah
Assalamu'alaikum...
Sy sering kali mngkritik anak seperti ucapan..." kok abang tidak bisa!! Masa gini aja sulit...pokokx mama tidak mw dengar kata2 tidak bisa...tapi harus bisa!
Jadi di satu sisi sy mngkritik dan di satu sisi sy memotivasi...
Akhirx anak sy sllu bilang...ah saya harus belajar..krn saya harus bisa!!
Dan mmg saya mlihat krtika anak anak di kritik ia mninggalkan pekerjaannya krn tidak semangat..
Llu bagaimn cara mnesahati anak dgn benar??
Dan yg kedua hubungan sy dgn anak kedua tidak harmonis krn sering di marahin...ia mnjadi pribadi yg cuekk
Mohon solusix.

Jawaban:
wa'alaikumsalam bunda fatimah..
tdk ada salahnya kita memotivasi anak bun.
tentunya dgn bahasa yg tdk menyakiti dan membuat down serta menghargai prosesnya dgn tidak hanya berorientasi hasil...

bunda fatimah jika hanya menghargai hasilnya akan membuat anak2 tertekan jika gagal padahal mereka sdh berusaha.


- Gendis
Assalamu'alaikum
saya mau bertanya mbak....
Anak saya berumur 2thn 5bln. Kebetulan saya LDR sama suami, sehari hari mengasuh anak dan melakukan aktivitas dirumah. terkadang saat kondisi lelah, saya jadi gampang terpancing. Saya sering bilang, Nanti ibu marah lho. dan setiap kali dy mendengar nada suara saya berubah, dia bilang.. ibu jangan marah2... Nah selain lebih ber empati kepada anak, apalagi jurus jitu untuk memperkuat self kontrol ketika berhadapan dengan anak y bun??

Jawaban:
tarik nafas dalam2 sejenak saat terpancing emosi bun....
istighfar dan elus kepalanya....
diam sejenak sambil tatap bening mata anak kita.
minta pertolongan Allah untuk diberikan kebijaksaanaan dan kelembutan hati menghadapi ananda.

- Rosyidah
Assalamu'alaikum bun saya mau bertanya ...
Saya pernah membaca sebuah artikel disana di kutip "bahwasannya anak usia 0-7 tahun itu baikny di perlakukan layakny raja " yang ingin sy tanyakan adalah ....
Apakah anak usia 0-7 sm skli tdk bleh d marahi ....sy pny anak usia 2th 8bln ketika dia mlkukan hal yh ckup berbahaya .terkadang untuk 1 - 3 kali sya beritahu scra baik2 tapi ia mengabaikan peringatan sy lalu terkadang sya sdkit berkata keras kpdany ...apakah prbuatan sprti itu akan berpengaruh terhadap tumuh kmbag dia kedepannya .? dan bagaimn sosusi agar  peringatan kita sebagai orang tua lebih di dengar dan di turuti oleh anak anak kita ? Terima kasih sebelum dan sesudah nya.

Jawaban:
tetap ada batasan dan aturan bun...
tp di ingatkannya tentu tdk dengan nada tinggi dan bentakan.

- Rahma
Saya mau bertanya mbk..
Kmi sudah 1bln pindah rmh, sejak pibdah rumah ank saya usia 3thn selalu minta ditemani, sebelumnya tdk prnh begitu. Klw tdk ditemani dia akan nangis n teriak teriak. Gmn ya mbk solusiny supaya dia bisa mandiri lgi ?

Jawaban:
sdh ditanya knp dia seperti ketakutan bun?


- Beli Buku
Siang mba Marisa..
Mohon masukannya
Gimana caranya kasih tau / koreksi ke anak bahwa itu tuh salah..in case belajar ngaji ada makhroj huruf yg salah (awal nya si ayah) yg ngajarin..entah dia lupa atau gimana ya..pas aku liat kok salah yaa..nah aku koreksi kan..dan si anak malah marah dan kekeuh dengan konsep nya itu..ujungna malah nangis kesel gt..ga mau ngaji lagiπŸ˜’πŸ˜’πŸ˜‘ okelah kami bujuk lagi dan alhamdulillah mau ngaji lagi kan..tapi ttp aja kita mau kasih tau huruf tsb salah dia tetep ngotot sm konsep dia nya..
Gimana caranya mom..haruskah aku maklum kan? Karena usia nya blm baligh..cuma kepikiran aja takut keterusan nyebut huruf na salahπŸ˜‘πŸ˜’πŸ˜Œ mohon sharingnya..makasihπŸ™

Jawaban:
untuk usia anak sebelum baligh saat belajar ngaji yg terpenting dia suka dulu mima..
timbulkan kebahagiaan dlm hati bahwa spy belajar baca qur'an jadi menyenangkan..
jika ada masalah teknis misalnya makhroj yg msh blm benar...
belum benar itu beda dgn salah ya.
butuh proses...
coba dikasih contoh perdengarkan murotal atau pengucapan makhroj yg benar dari ustad yg mengajar tahsin.
bisa search di youtube mima.
spy dia bisa menerima kekeliruannya dan memperbaikinya.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar